Rabu 04 Oct 2023 17:55 WIB

Buat Warga Nyaman Beribadah, Relawan Santri Ganjar Perindah Musala di Karawang

Aksi ini diharapkan membuat warga menjadi lebih nyaman saat beribadah.

Aksi pengecatan salah satu musala di Desa Mekarjaya, Kecamatan Purwasari, Karawang, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Aksi pengecatan salah satu musala di Desa Mekarjaya, Kecamatan Purwasari, Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Bila tempat ibadah bersih, indah, dan sedap dipandang mata, maka ibadah yang dilakukan jemaah bisa menjadi lebih nyaman. Hal tersebut lah yang diyakini sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG).

Oleh karena itu, para pendukung Ganjar ini melakukan aksi pengecatan salah satu musala di Desa Mekarjaya, Kecamatan Purwasari, Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga

Koordinator Wilayah SDG Jabodebeka, Farhan Ikhsan menjelaskan, aksi ini bisa membuat warga menjadi lebih nyaman saat beribadah dengan tampilan musala yang lebih indah usai dicat. 

"Mudah-mudahan masyarakat bisa nyaman beribadah, dengan musala yang indah dan dalam kondisi baik, masyarakat bisa giat untuk beribadah dan terus melakukan ibadahnya dengan semangat," kata Farhan seperti dinukil pada Rabu (4/10/2023). 

Dia menjelaskan, pengecatan dilakukan atas adanya permintaan dari masyarakat yang mengeluhkan dinding musalanya yang mulai kotor. 

"Dari masyarakat sekitar kita juga menerima aduan dimana musala tempat (masyarakat) biasa beribadah ini kotor, jadi kami lakukan bersih-bersih," kata Farhan.

Selain itu, ini juga jadi cara relawan SDG untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah. Dengan pengecatan bersama ini, relawan SDG juga berharap bisa menanamkan semangat kekeluargaan dan gotong royong di antara masyarakat setempat. 

"Juga mudah-mudahan masyarakat terus menjunjung rasa gotong royong, supaya masyarakat ini tetap kuat dan semangat," kata Farhan. 

Dalam kunjungannya, relawan SDG juga memberikan bantuan pengeras suara kepada pihak pengelola musala. Bantuan tersebut ditujukan guna menunjang berbagai aktivitas jemaah musala.

Kegiatan dari para relawan yang beranggotakan santri ini pun, disebut Farhan akan berlanjut. Bantuan kepada masyarakat, jemaah majelis, hingga santri di berbagai pondok pesantren telah direncanakan SDG. 

"Tentu kami terinspirasi dari oleh sosok Pak Ganjar, kita tahu sendiri bahwa Pak Ganjar itu sosok yang dekat dengan masyarakat. Bisa dibilang kegiatan ini mencontoh sifat Pak Ganjar," ujar dia. 

Ini bukan kali pertama kelompok serupa melakukan kegiatan sosial. Beberapa waktu sebelumnya, dan menebar manfaat kepada masyarakat dengan membantu pembangunan Pondok Pesantren di Kota Padang.

Koordinator Wilayah SDG Fikri di Padang, Rabu mengatakan pihaknya  menjalin silaturahmi ke Ponpes Tahfiz Al-Quran Ar-Rahman yang ada di Jalan Tabek Batu, Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumbar.

Ia mengatakan kehadiran mereka untuk memberi bantuan berupa semen untuk menunjang pembangunan pondok pesantren di daerah setempat. "Bantuan berupa semen untuk membangun bangunan yang ada di lokasi tersebut," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement