Selasa 03 Oct 2023 15:29 WIB

Menparekraf: AKI 2023 Sukses Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi

AKI memberikan dampak besar bagi pengembangan ekonomi kreatif khususnya UMKM.

Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri acara malam puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 di Cihampelas Walk (Ciwalk), Bandung.
Foto: dok. Republika
Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri acara malam puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 di Cihampelas Walk (Ciwalk), Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri acara malam puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 di Cihampelas Walk (Ciwalk), Bandung. Pada ajang AKI ini ditampilkan produk-produk karya pelaku ekonomi kreatif Sukabumi. 

Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya di acara Malam Puncak AKI 2023, merasa terharu karena AKI 2023 yang berlangsung di 16 kabupaten/kota Tanah Air terbukti memberikan dampak yang besar bagi pengembangan ekonomi kreatif khususnya UMKM di berbagai daerah di tanah air. "Luar biasa, saya berkaca-kaca dan merasa terharu karena AKI akhirnya mencapai acara final di Ciwalk, Kota Bandung," kata dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (3/10/2023).               

Sandi teringat saat awal program AKI pertama kali dilaksanakan pada 2021. Kala itu, situasi pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan terbesar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bangkit dan berkembang. 

Negara-negara di dunia termasuk Indonesia mengalami kontraksi ekonomi yang dalam. "Tapi kami bersama tim AKI berhasil merancang program. Di tengah pandemi kita launching dengan penuh ketidakpastian, tapi Allah beri bimbingan dan akhirnya AKI menjadi program yang ditunggu dan betul-betul diselebrasikan oleh para pelaku UMKM," ujarnya.     

 

AKI merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan kesempatan berpameran bagi para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik. Peningkatan kapasitas tersebut termasuk inkubasi, mentoring, bootcamp, dan lainnya. 

"Semua mengapresiasi karena mereka merasa diangkat kualitasnya, dibantu pemasarannya, dan sebagian dari mereka juga disentuh permodalannya, dibantu desain kemasannya," kata Sandi. 

AKI 2022 secara total dikunjungi lebih dari 70 ribu orang dengan rata-rata transaksi senilai Rp 92 juta dalam pameran di tiap kota. Penyelenggaraan AKI 2023 yang masih dalam tahap penghitungan diharapkan jumlah kunjungan dan nilai transaksi rata-ratanya meningkat dibanding tahun 2022.     "(AKI Sukabumi) Ini secara khusus kita selaraskan penyelenggaraannya melalui kerja sama dengan APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia) dalam rangka Indonesia Shopping Festival. Jadi mari kita berbelanja dan dukung produk UMKM Indonesia," ujar Menparekraf. 

Selain pameran produk dari pelaku UMKM yang telah terkurasi, acara juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya seperti lomba tari tradisional, fesyen show, penampilan musik spesial, dan lainnya.                             

Dalam kesempatan tersebut Menparekraf Sandiaga juga berkesempatan menyambut seorang pemenang dari program aktivasi yang diselenggarakan Biro Komunikasi Kemenparekraf, "Saatnya Rekreasi". 

Dalam program ini, salah seorang pemenang berkesempatan untuk ikut merasakan perjalanan dinas bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Melihat lebih dekat program-program andalan Kemenparekraf yang dihadirkan dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat. Adalah Angger Cahyaning Tyas, pemenang dari "Saatnya Rekreasi" season IV yang beruntung mengikuti program kunjungan kerja Menparekraf Sandiaga ke Jawa Barat kemarin.   

"Alhamdulillah, saya bersyukur dan senang sekali tentunya mendapat kesempatan untuk melihat lebih jauh tentang program kerja Kemenparekraf ke daerah itu seperti apa," kata Angger saat bertemu Menparekraf Sandiaga. 

Dia juga berkesempatan melihat langsung betapa kayanya potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Indonesia. Karenanya, di berharap, agar Kemenparekraf melalui berbagai program yang dihadirkan dapat terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di berbagai daerah tanah air. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement