Jumat 29 Sep 2023 19:36 WIB

Menko PMK Ajak Dai Edukasi Pengikutnya Tentang Pembangunan Berkelanjutan

Presiden Jokowi berpesan supaya para dai ikut membina sumber daya manusia di desa.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menko PMK Muhadjir Effendy memberi pembekalan Jambore Nasional Dai Desa Mardani Parmusi, Taman Cibodas, Cianjur.
Foto: Republika.co.id
Menko PMK Muhadjir Effendy memberi pembekalan Jambore Nasional Dai Desa Mardani Parmusi, Taman Cibodas, Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Jambore Nasional Dai Desa Mardani Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) di Taman Mandalawangi Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa (26/9/2023). 

Presiden Jokowi berpesan supaya para dai ikut membina sumber daya manusia (SDM) di desa. Jokowi berkata, pembangunan infrastruktur di desa harus dibarengi peningkatan kualitas SDM.

"Di sinilah peran para dai dan daiyah dalam rangka memperkuat pembangunan sumber daya manusia, utamanya yang berkaitan dengan karakter, budi pekerti, dan akhlak rakyat yang ada di desa-desa," jelasnya. 

Sejalan dengan hal tersebut, Menko Muhadjir menjelaskan, desain besar pembangunan manusia melalui siklus yang dimulai dari masa prenatal hingga lanjut usia. "Siklus pembangunan manusia ini sudah di desain sedemikian rupa, tujuannya adalah untuk menjadikan manusia Indonesia yang unggul dan berdaya saing," jelas Muhadjir dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (29/9/2023).

 

Tidak lupa, Muhadjir juga mengajak para dai untuk mengedukasi dan menyosialisasikan kepada para pengikutnya mengenai pentingnya pembangunan manusia yang berkelanjutan. Menurut dia, pendidikan merupakan kunci untuk membuka pintu kebaikan dan pengetahuan dalam membentuk karakter dan moralitas. 

Semakin baik pendidikannya, semakin besar potensi untuk menciptakan generasi yang berakhlakul karimah. "Mari kita bersama merumuskan langkah konkret untuk mencapai tujuan kita dalam meningkatkan akses pendidikan di desa, mengintegrasikan nilai-nilai Islam untuk pembangunan masyarakat, dan memanfaatkan teknologi demi kebaikan bersama," ucap Muhadjir. 

Pada acara tersebut turut hadir pula Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri Komjen Suntana, Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam, Sekjen Parmusi Abdurrahman Syagaff, Bendahara Umum Parmusi Dewi Ahyan, serta para Dai Desa Madani Parmusi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement