Jumat 29 Sep 2023 09:29 WIB

Usai Dipegang Kaesang, PSI Raih Dukungan Relawan Jokowi

PSI meraih dukungan dari relawan Jokowi setelah dipegang Kaesang Pangarep.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. PSI meraih dukungan dari relawan Jokowi setelah dipegang Kaesang Pangarep.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. PSI meraih dukungan dari relawan Jokowi setelah dipegang Kaesang Pangarep.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) menyatakan dukungan untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dukungan diberikan kepada PSI agar mereka mampu lolos parliamentary threshold di Pemilu 2024 mendatang

Dukungan ini ditandai penandatanganan piagam yang dilakukan di Markas ABJ, Cilandak, Jakarta Selatan. Tanda tangan dilakukan langsung Ketua Umum ABJ, Michael F Umbas dan Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep.

Baca Juga

"ABJ sudah lama berkomitmen mendukung Presiden Jokowi dan anak-anaknya dalam kiprah politiknya. Dukungan ini telah diberikan sebelum Kaesang masuk PSI dan ditunjuk menjadi ketua umum," kata Michael, Kamis (28/9).

Michael menilai, kedatangan Kaesang ke Markas ABJ setelah menjadi Ketum PSI menunjukkan apresiasi tinggi. Sama seperti apresiasi yang diberikan Presiden Jokowi kepada relawan yang dua kali berjuang dalam pilpres.

Ia melihat, ada satu pesan yang kuat kalau Presiden Jokowi dan Kaesang itu sama. Bahkan, Michael berpendapat, Kaesang Pangarep, yang belum ada satu pekan itu masuk ke dunia politik Tanah Air, merupakan Jokowi muda.

"Saya berani mengatakan Kaesang ini adalah Jokowi muda, yang punya tantangan kepemimpinan di era yang berbeda, tantangan kepemimpinan anak muda," ujar Michael.

Mendapatkan dukungan, Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep, berterima kasih kepada ABJ yang sudah mendukungnya sebelum masuk PSI. Dukungan ke anak-anak Jokowi itu disampaikan dalam Rakernas ABJ pada Juli 2023.

Saat itu, ia mengingatkan, ABJ menyampaikan dukungan kepada Kaesang Pangarep yang disebut mencalonkan diri di Pilwalkot Depok 2024. Kaesang berharap, nantinya dukungan bisa diberikan tidak cuma untuk Depok.

"Tapi, untuk seluruh Indonesia untuk memenangkan PSI di Pemilu 2024," kata Kaesang.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum PSI lewat acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang digelar PSI. Penunjukkan itu cuma berselang dua hari saja dari keputusan Kaesang menjadi kader PSI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement