Senin 25 Sep 2023 21:41 WIB

Pangdam Siliwangi Potong Tumpeng di HUT Lantas

Jajaran Lalu Lintas Polda Jawa Barat terus menunjukan capaian kinerja yang baik.

Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatmiko, memyerahkan potongan tumpeng kepada anggota Polantas disaksikan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus dan Dirlantas Kombes Pol Wibowo.
Foto: Dok. Republika
Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatmiko, memyerahkan potongan tumpeng kepada anggota Polantas disaksikan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus dan Dirlantas Kombes Pol Wibowo.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 Tahun 2023  yang digelar di Aula Ditlantas Polda Jawa Barat Senin (25/9/2023), berbeda dari biasanya. Di puncak acara peringatan yang mengambil tema ‘’Modernisasi Pelayanan Polantas Presisi Mengawal Pemilu Damai untuk Indonesia Maju’’,  Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, memberikan, kesempatan kepada Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatmiko, untuk memotong nasi tumpeng. Potongan nasi tumpeng tersebut kemudian diserahkan kepada salah seorang anggota Polantas. Momen tersebut mendapat sambutan meriah dari undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, mengatakan, dalam perkembangannya, lalu lintas memiliki  fungsi  penting  dalam mendukung  pembangunan  nasional. Lalu lintas, kata dia, tidak hanya dipahami sebagai gerak pindah orang dan barang, namun juga sebagai urat nadi kehidupan, serta cermin budaya, modernitas, dan kemajuan suatu bangsa.

"Kita patut bersyukur, dalam usia yang ke-68 tahun, jajaran Lalu Lintas Polda Jawa Barat terus menunjukan capaian kinerja yang baik. Berkontribusi besar dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan kegiatan masyarakat khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat.Ini teruji sepanjang tahun 2023 diantaranya pengamanan libur Natal dan tahun baru, serta pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran," kata Kapolda dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Ahad (25/9/2023). 

Menurut Kapolda, apresiasi  positif masyarakat terhadap  jajaran  Lalu  Lintas  Polda Jawa Barat juga terus meningkat. Hal tersebut  terkait  erat  dengan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui  modernisasi  berbasis teknologi  informasi,  seperti penyelenggaraan Electronic Registration  and Identification  (ERI), penindakan  pelanggaran  lalu  lintas dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement  (ETLE), pelayanan  SIM Online,  Samsat  Online,  dan  berbagai inovasi  pelayanan  publik  berbasis  teknologi informasi.                        

Kapolda berharap, berbagai capaian yang telah diraih tidak membuat jajaran Lalu Lintas Polda Jawa Barat cepat berpuas diri. Sebaliknya, justru menjadi pemacu semangat dan kinerja seluruh personel Lalu Lintas Polda Jawa Barat.

‘’Masih banyak tantangan tugas yang harus dihadapi, baik dalam aspek operasional maupun pembinaan. Jadikan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara Tahun 2023  sebagai momentum untuk terus meningkatkan kinerja. Laksanakan evaluasi terhadap berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas. Susun strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut, serta implementasikan secara konsisten dan berkelanjutan," tutur dia.

Kapolda Jabar menekankan, segenap anggota Polantas Polda Jawa Barat untuk terus meningkatkan kinerja dan  kemampuan kesatuan dengan berpedoman pada program-program unggulan Lalu Lintas Polri.

‘’Menjadikan Polisi Lalu Lintas lebih melayani sesuai program prioritas  Kapolri  yang  Presisi berdasarkan kaidah taat hukum,  taat  prosedur,  dan  taat  etika,  sehingga  dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan pelayanan prima,’’ ujar dia.

Jajaran Polantras Polda Jawa Barat, sambung Kapolda, harus meningkatkan  kekompakan dan soliditas, bahu membahu mengatasi setiap hambatan dan rintangan dalam pelaksanaan tugas di lapangan, serta mewujudkan Polri yang Presisi di ruang publik

.’’Berikan pelayanan  yang terbaik  terhadap masyarakat. Tingkatkan  kesiapan jajaran Kepolisian Lalu  Lintas  dalam menghadapi setiap tahapan pengamanan rangkaian pemilu serentak pada tahun  2024,  untuk  mewujudkan  situasi kamseltibcar lantas menuju  pemilu yang damai,’’ kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement