Senin 25 Sep 2023 11:05 WIB

BMKG: Kekeringan Masih Berlangsung Sepekan ke Depan 

BMKG sebut kekeringan masih akan berlanjut hingga satu pekan ke depan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas melakukan penanganan kekeringan untuk lahan pertanian. BMKG sebut kekeringan masih akan berlanjut hingga satu pekan ke depan.
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut
Petugas melakukan penanganan kekeringan untuk lahan pertanian. BMKG sebut kekeringan masih akan berlanjut hingga satu pekan ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan sebagian wilayah di Jawa Barat berpotensi terjadi hujan selama sepekan ke depan. Hujan diprediksi terjadi dengan intensitas ringan disertai angin kencang.

Prakirawan BMKG Iid Mujtahidin mengatakan dalam sepekan ke depan diperkirakan masih terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan atau terjadinya hujan di sebagian Jawa Barat. Suhu muka laut di sebagian wilayah di Indonesia masih hangat.

Baca Juga

Selain itu kondisi labilitas lokal berada pada kategori ringan hingga sedang. Selain itu, terjadi peningkatan angin di selatan dan timur Jabar.

"Potensi hujan dengan intensitas ringan masih berpotensi terjadi di Jawa Barat disertai angin kencang dan durasi singkat," kata dia, Senin (25/9/2023).

 

Ia mengatakan pada Senin (25/9/2023) potensi hujan bakal terjadi di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Namun, untuk Selasa (26/9/2023) hingga 1 Oktober potensi hujan nihil.

Iid mengatakan saat ini potensi kekeringan masih terjadi. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk melakukan antisipasi terhadap potensi kekeringan.

Selain itu memastikan embung-embung atau waduk termanfaatkan dengan baik di wilayah yang kekeringan. Serta mengantisipasi potensi kebakaran lahan hutan.

Ia pun meminta masyarakat untuk memantau perkembangan cuaca melalui kanal resmi seperti BMKG agar informasi yang didapat dapat dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement