Sabtu 23 Sep 2023 11:24 WIB

Tangani Logistik Pemilu 2024, Pos Indonesia Siapkan War Room dan Dashboard 

Pos Indonesia mengerahkan 4.500 Kantorpos di seluruh Indonesia termasuk daerah 3T.

Sejak Pemilu 1999, Pos Indonesia selalu menjadi mitra distribusi barang Pemilu ke seluruh Indonesia dan luar negeri.
Foto: dok. Republika
Sejak Pemilu 1999, Pos Indonesia selalu menjadi mitra distribusi barang Pemilu ke seluruh Indonesia dan luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilu 2024 sudah di depan mata. Persiapan teknis terus dilakukan oleh KPU selaku penyelenggara Pemilu dan banyak pihak yang akan terlibat.

Pos Indonesia sebagai BUMN Logistik yang dalam beberapa Pemilu terakhir menjadi mitra KPU dalam distribusi logistik Pemilu, juga terus mempersiapkan diri untuk mendukung sukses hajatan besar ini. Salah satu yang disiapkan adalah dashboard khusus monitoring pengiriman barang-barang Pemilu agar dapat terpantau secara realtime.

 

photo
Pos Indonesia menyediakan war room atau command control demi memastikan kelancaran distribusi logistik Pemilu 2024 di seluruh wilayah Indonesia. - (dok. Republika)

 

“Hari ini kami melakukan simulasi dan kesiapan pengiriman barang-barang Pemilu untuk memastikan kesiapan,” kata Direktur Business Development PT Pos Indonesia Prasabri Pesti dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (23/9/2023).

Tak hanya dashboard pemantauan distribusi, Pos Indonesia juga menyediakan war room atau command control demi memastikan kelancaran distribusi logistik Pemilu 2024 di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui dashboard dan command control tersebut barang-barang kebutuhan Pemilu seperti kotak suara, kertas suara, tinta dan barang-barang lain akan termonitor secara langsung, mampu ditelusur, dan mampu mengambil tindakan cepat apabila terjadi kendala di lapangan.

Pos Indonesia juga mengerahkan sekitar 4.500 Kantorpos di seluruh Indonesia. Termasuk di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T). 

Sejak Pemilu 1999, Pos Indonesia selalu menjadi mitra distribusi barang Pemilu ke seluruh Indonesia dan luar negeri. 

“Pos Indonesia sangat siap untuk membantu KPU dalam distribusi dan warehouse barang Pemilu bila pada waktunya kami ditugaskan. Ini bagian dari penguatan portfolio bisnis logistik yang kedepan akan kami kuatkan,” ucap Prasabri.

Kesiapan Pos Indonesia di bidang logistik ini sejalan dengan transformasi Pos Indonesia menuju BUMN Logistik. Deklarasi transformasi bisnis menjadi perusahaan yang akan lebih fokus ke bisnis end-to-end logistics tersebut diumumkan bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-277 Pos Indonesia pada 26 Agustus 2023.

Pada momentum HUT tersebut Pos Indonesia sekaligus meluncurkan logo baru, POS IND Logistik Indonesia, sebagai wujud transformasi Pos Indonesia menuju BUMN Logistik.

Melalui layanan tersebut Pos Indonesia dapat ikut berperan sebagai agent of collaboration bagi para penyedia jasa logistik untuk memaksimalkan layanan commercial dan service excellence melalui konsep sharing economy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement