Jumat 22 Sep 2023 23:59 WIB

Gelar Pelatihan Jurnalistik, Relawan Tiru Ganjar Pranowo yang Dekat dengan Jurnalis

Ini juga jadi bagian dari upaya menangkal hoaks.

Pelatihan Jurnalistik di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Kamis (21/9/2023).
Foto: Dok. web
Pelatihan Jurnalistik di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Kamis (21/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEKADAU -- Kedekatan Ganjar Pranowo dengan kalangan jurnalis menginspirasi para relawan di Ganjar Milenial Center (GMC) untuk mengadakan Pelatihan Jurnalistik di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Kamis (21/9/2023).

Koordinator Daerah (Korda) GMC Sekadau, Heri Yakop mengatakan, sasaran dari kegiatan pelatihan kali ini sebenarnya tidak hanya jurnalis tetapi juga para milenial di luar profesi wartawan yang tertarik dengan ilmu jurnalistik.

Baca Juga

"Kegiatan ini terinspirasi Pak Ganjar sebagai (mantan) Gubernur Jawa Tengah yang mana selama dia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah beliau dikenal dekat dengan wartawan," katanya.

Sikap bersahabat Ganjar itu diakui terlihat dari cara menjawab pertanyaan dari awak media yang meliput kegiatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode terakhir.

Adapun, tujuan dari kegiatan pelatihan jurnalistik kali ini diharapkan dapat meminimalisasi dampak informasi bohong atau hoaks yang beredar di tengah masyarakat era digital.

Khusus bagi kalangan wartawan, Heri berharap dapat mencetak para jurnalis yang berintegritas. Sehingga, mereka akan menghasilkan produk jurnalistik yang independen dan berdampak positif.

"Tujuannya, meningkatkan kemampuan kepada milenial juga kepada wartawan yang ada di Kabupaten Sekadau. Selain itu, untuk masyarakat umumnya supaya bisa membedakan mana produk berita yang benar dan mana produk berita hoaks," tuturnya.

Kesan positif Ganjar Pranowo itu diungkapkan Novia Dominika, salah seorang wartawan dari media massa lokal di Kalimantan Barat yang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik kali ini.

Menurutnya, Ganjar adalah sosok pemimpin yang perlu dicontoh oleh pejabat lainnya karena dinilai cukup terbuka kepada para wartawan saat diwawancarai.

"Kami berharap jika Pak Ganjar terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia, kami berharap Pak Ganjar bisa melindungi kebebasan berpendapat para jurnalis yang ada di Indonesia," ujarnya seusai acara.

Adapun, salah seorang peserta dari kalangan umum bernama Muhammad Rizal mengakui kegiatan yang digelar para sukarelawan GMC sangat bermanfaat bagi kalangan milenial seperti dirinya.

"Bermanfaat sekali bagi kami masyarakat umum. Karena, dengan pelatihan ini kami jadi mengerti untuk membedakan mana berita hoaks dan berita yang memang valid untuk dibawa ke masyarakat," katanya.

Ini bukan kali pertama GMC merangkul para pemuda Kalbar. Sebelumnya, GMC memberikan pelatihan bertani hidroponik untuk para anak muda milenial di Desa Sungai Segak, Kalimantan Barat. 

"Tujuan kami supaya adik-adik di sini bisa mandiri, memanfaatkan lahan yang sederhana sehingga bisa membuahkan hasil yang besar," kata Koordinator Wilayah GMC Kalbar Nuryahdi, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement