Jumat 22 Sep 2023 20:41 WIB

Disokong Jokowi dan SBY, Posisi Prabowo Makin Kuat

Prabowo mendapat pengaruh sangat besar dengan adanya sokongan dari SBY dan Jokowi.

Rep: Antara/Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Bacapres Partai Gerindra Prabowo Subianto memberi hormat kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Rapimnas Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (21/9/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Bacapres Partai Gerindra Prabowo Subianto memberi hormat kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Rapimnas Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Prabowo Subiato dinilai semakin kuat dengan dukungan dari Partai Demokrat. Hal itu membuat Menteri Pertahanan tersebut telah mendapatkan dukungan dari para pendahulunya, yaitu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merupakan Ketua Majelis Tinggi Demokrat dan Presiden saat ini Joko Widodo (Jokowi).

Berkat dukungan dua tokoh sentral di Indonesia tersebut, peluang Prabowo menjadi presiden ke-8 Indonesia selanjutnya semakin besar. "Ya seperti itu, SBY dukung, Jokowi juga dukung ini bisa membuat Prabowo semakin kuat, Prabowo bisa terus leading," kata Pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin, saat dihubungi, Jum’at (22/9).

Baca Juga

Ujang menilai, dukungan Demokrat memang sangat menguntungkan bagi Prabowo. Prabowo jelas akan mendapat dampak positif dalam daya elektoral yang dimiliki dengan dukungan dari Demokrat.

Lanjut Ujang, meski mendapat sokongan dari dua orang besar di Indonesia Prabowo tetap harus menjaga soliditas setiap pendukung yang dimiliki. Karena memang saat ini, kondisi Pemilu 2024 masih bisa berubah sebelum adanya pendaftaran capres dan cawapres.

 

Meski demikian, Prabowo tetap mendapat pengaruh yang sangat besar dengan adanya sokongan dari SBY dan Jokowi. "Soal adanya sokongan dari SBY dan Jokowi kepada Prabowo ya membuat Prabowo makin ringan langkahnya di 2024 nanti," kata Ujang.

Sebelumnya, Prabowo menyebut dukungan yang diberikan Demokrat merupakan dorongan dan semangat baru yang luar biasa. Dia optimistis keberadaan Demokrat, yang diisi oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Partai sekaligus Presiden Ke-6 RI SBY, dapat menjadi amunisi memenangkan dirinya pada Pilpres 2024.

"Dengan Presiden SBY di belakang saya, saudara AHY, saudara Airlangga, saudara Zulkifli Hasan, saudara-saudara ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju, saya merasa bersama kita akan mampu menggapai cita-cita bersama,” kata Prabowo dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Jakarta, Kamis malam WIB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement