Kamis 21 Sep 2023 16:54 WIB

Kaesang Disebut Gabung PSI, Ini Sikap Presiden Jokowi

Ketua DPD PSI Kota Solo mengeklaim Kaesang menjadi anggota baru PSI.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Kaesang Pangarep mengunakan pakaian adat saat mengisi acara HUT Ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023)
Foto: Tangkapan layar Youtube Biropers
Kaesang Pangarep mengunakan pakaian adat saat mengisi acara HUT Ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapan soal keputusan putra bungsunya Kaesang Pangarep untuk bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Jokowi pun menyerahkan keputusan tersebut kepada Kaesang.

Sebab, kata dia, Kaesang sudah dewasa dan harus bisa memutuskan sendiri masa depannya serta bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya tersebut.

Baca Juga

“Ya kan saya sudah sering menyampaikan. Anak-anak itu kalau sudah berkeluarga itu sudah punya rumah sendiri, sudah punya istri ya sudah harus mandiri dan harus tanggung jawab. Artinya apa yang diputuskan sudah menjadi tanggung jawab dia,” ujar Jokowi usai groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).

Saat ditanya apakah Kaesang sudah berdiskusi terlebih dahulu dengannya, Jokowi hanya mengatakan bahwa meminta doa restu sudah biasa dilakukan dalam keluarganya. Meskipun demikian, ia mengaku tak bisa menghalangi keinginan Kaesang untuk bergabung dalam partai politik.

“Ya, biasa di dalam keluarga minta doa restu. Karena saya bilang tidak pun juga tetep akan jalan. Anak-anak saya seperti itu,” ujar dia.

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memastikan putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep akan bergabung sebagai anggota baru jelang Pemilu 2024.

“Sudah dibuka dengan suara dan video (beredar di media sosial). Sebetulnya ini pembicaraan panjang antara jajaran DPP PSI dengan Mas Kaesang,” kata Ketua DPD PSI Kota Solo Antonius Yogo Prabowo di Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/9/2023).

Ia lantas mengatakan butuh berbulan-bulan untuk kemudian bisa menjadikan Kaesang sebagai anggota baru. Meski demikian, sejauh ini adik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tersebut belum menerima kartu tanda anggota (KTA).

“Akan ada penyerahan KTA, ini soal resmi (tanda resmi) KTA. Sebetulnya ini (Kaesang menyatakan bergabung) sudah berapa hari, namun atas kesibukan Mas Kaesang, baru bisa bikin video,” katanya.

Terkait dengan bergabungnya Kaesang ke partai tersebut, menurutnya merupakan kebanggaan bagi PSI. “Mas Kaesang jadi sosok yang membanggakan bagi kami, anak-anak muda dari partai ingusan, partai anak-anak, bocil. Ini proses panjang,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement