Rabu 20 Sep 2023 13:09 WIB

Koleksi dari Galeri Perunggu di Museum Nasional Berhasil Dievakuasi 

Koleksi Museum Gajah yang ditemukan masih utuh dan langsung dapat diidentifikasi.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Kondisi Museum Nasional Indonesia (MNI) atau dikenal dengan Museum Gajah di Gambir, Jakarta Pusat.
Foto:

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid memberikan keterangan usai mendampingi kunjungan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ke Museum Nasional Indonesia (MNI) di Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023). Dia menyebut Megawati memberikan arahan mengenai kerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk inventarisasi koleksi dan benda-benda sejarah di museum tersebut.

"(Arahan Megawati) untuk segera bekerjasama dengan BRIN, jadi teman-teman dari arkeologi utamanya organisasi riset arkeologi sejarah nanti akan segera terlibat,” kata Hilmar kepada wartawan di lokasi

Kerja sama itu, kata Hilmar, langsung dilakukan saat kunjungan tersebut. Dalam kunjungan tersebut, Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mendampingi Megawati berkeliling Museum Gajah.

"Kita langsung ya on the spot sudah ada kesepakatan dengan Kepala BRIN dengan Pak Deputi untuk segera bikin rapat. Jumat ini kita akan mulai ya, merapatkan, apa saja agendanya," tutur Hilmar.

Insiden kebakaran Museum Nasional Indonesia terjadi pada Sabtu (16/9/2023) sekitar pukul 20.00 WIB. Penyebab kebakaran itu diduga masalah korsleting listrik yang berasal dari bedeng tukang. Bangunan yang terdampak akibat insiden tersebut adalah Gedung A Museum Nasional Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement