Selasa 19 Sep 2023 17:41 WIB

Kali Bekasi Tercemar, Pelanggan PDAM Tirta Patriot Terserang Gatal-Gatal

Untuk memastikan saya ke dokter, kata dokter umum saya tidak boleh mandi air PAM.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Erik Purnama Putra
Kondisi Kali Bekasi yang tercemar dengan airnya yang tampak berwarna hitam di Jembatan Cipendawa, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jumat (26/7).
Foto:

Pada akhir masa jabatannya, Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mendapatkan keluhan dari warganya yang kekurangan pasokan air bersih. Keluhan warganet yang tinggal Kota Bekasi mereka sampai di akun Instragram, Tri Adhianto.

Karena banyak komentar yang menyakitkan, Tri mengaku, sampai tak mau membuka apa lagi meresponnya. Namun, keluhan itu dianggapnya sebagai hal biasa saja.

"Saya hari ini agak rawan juga ketika buka yang namanya Instagram, komentarnya banyak banget," kata Tri kepada wartawan saat peresmian intake SPAM Teluk Buyung PDAM Tirta Patriot, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Menurut dia, ada sekitar 200 komentar dari penggunaan media sosial di akun Instagram. Mereka semua bertanya masalah pasokan air bersih di rumah yang mampet. Hal itu imbas Kali Bekasi yang menjadi bahan baku PDAM Tirta Patriot tercemar limbah industri.

"Naik komentarnya di atas 200 netizen, isinya tentang air mana, air mana," kata Tri yang harus meletakkan jabatan pada Rabu (20/9/2023). Pertanyaan dari warga itu, kata Tri, seakan Pemkot Bekasi tidak mampu mengatasi masalah air.

Padahal, Pemkot Bekasi sedang bekerja keras menyelesaikan Kali Bekasi yang tercemar. "Seakan-akan pemerintah kemudian tidak berupaya," ujarnya.

Tri memastikan pemerintah serius mengatasi persoalan ini. Pemkot Bekasi sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 50 miliar untuk melakukan pemisahan intake air baku dari Kali Bekasi ke Kalimalang. Dengan begitu, nantinya pasokan air ke pelanggan bisa lebih lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement