Jumat 15 Sep 2023 16:55 WIB

LRT Jabodebek Tambah Jumlah Perjalanan Mulai 16 September

Penambahan jumlah perjalanan LRT Jabodebek merupakan hasil evaluasi kebutuhan.

Warga menaiki moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga menaiki moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI (Persero) menginformasikan bahwa mulai Sabtu 16 September 2023, kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek menambah jumlah perjalanan melihat tingginya animo masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek. "Mulai 16 September 2023, LRT Jabodebek melakukan penambahan jadwal perjalanan guna memenuhi peningkatan kebutuhan pengguna jasa LRT Jabodebek," ucap Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Ia menjelaskan, penambahan perjalanan LRT Jabodebek itu merupakan hasil evaluasi melihat tingginya kebutuhan masyarakat pengguna LRT Jabodebek dan sebagai upaya mendukung pemerintah guna mengurai kemacetan di wilayah ibu kota dan sekitarnya serta mengatasi polusi udara.

Baca Juga

"LRT Jabodebek akan menambah jumlah perjalanan menjadi 202 perjalanan yang sebelumnya berjumlah 158 perjalanan setiap harinya. Selain itu, jarak waktu kedatangan antar kereta (headway) akan menjadi lebih singkat," ujar Joni.

Adapun, jarak waktu kedatangan antar kereta menjadi 17 menit yang sebelumnya 20 menit untuk perjalanan relasi Jati Mulya-Cawang (PP) dan Harjamukti-Cawang (PP). Sedangkan untuk relasi Cawang-Dukuh Atas (PP) menjadi 9 menit yang sebelumnya 10 menit.

 

Joni mengatakan, seiring bertambahnya jumlah perjalanan tersebut akan ada penyesuaian jadwal perjalanan. Dengan demikian, layanan LRT Jabodebek akan melayani masyarakat menjadi lebih malam dari jadwal sebelumnya.

Untuk jadwal keberangkatan kereta pertama LRT Jabodebek, yakni relasi Jatimulya-Dukuh Atas: 05:10 WIB, relasi Harjamukti-Dukuh Atas: 05:06 WIB, relasi Dukuh Atas-Harjamukti: 05:59 WIB, dan relasi Dukuh Atas-Jatimulya: 06:08 WIB. Sedangkan, untuk jadwal pemberangkatan kereta terakhir LRT Jabodebek, yaitu relasi Jati Mulya-Dukuh Atas: 18:26 WIB, relasi Harjamukti-Dukuh Atas: 18:58 WIB, relasi Dukuh Atas-Jati Mulya: 19:27 WIB, dan relasi Dukuh Atas-Harjamukti: 19:51 WIB.

Lebih lanjut, Joni menilai penambahan jumlah perjalanan tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan dari pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) yang diamanahkan kepada KAI, di mana hasilnya semakin diminati oleh masyarakat.

"Tingginya animo masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek bisa terlihat sejak diresmikan pada 28 Agustus hingga 13 September 2023, LRT Jabodebek sudah melayani 629.929 penumpang. Diharapkan dengan penyesuaian perjalanan ini, masyarakat agar kembali memperhatikan jadwal keberangkatan LRT Jabodebek," katanya.

KAI, kata dia, juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung operasional LRT serta kepercayaan masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek sebagai moda transportasi.

"Sebagai bagian dari BUMN yang bergerak di transportasi berbasis rel, KAI berharap semoga dengan bertambahnya jumlah perjalanan, LRT Jabodebek dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi," ujar Joni.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement