Kamis 14 Sep 2023 23:14 WIB

Usai Bertemu RK, Prabowo Akui Belum Putuskan Sosok Cawapres 

Golkar tak mencalonkan Ridwan Kamil sebagai cawapres.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan pimpinan partai politik pendukungnya menggelar konferensi pers usai rapat di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023).
Foto: Republika/Febryan A
Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan pimpinan partai politik pendukungnya menggelar konferensi pers usai rapat di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto mengakui bahwa Koalisi Indonesia Maju masih menimbang-nimbang siapa yang akan menjadi cawapres pendampingnya. Hal itu disampaikan Prabowo ketika diminta penjelasannya ihwal pertemuan dirinya dengan Ridwan Kamil, kemarin malam. 

"Mengenai wakil presiden, kita juga sudah sepakat. Kita akan terus menggodok sesuai dengan tradisi adat kita, yakni musyawarah mufakat. Kita akan diskusi," ujar Prabowo usai rapat dengan pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023) malam. 

Baca Juga

Ridwan Kamil yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar menyambangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2023) malam. Dua tokoh itu makan malam bersama sembari bercengkrama. 

Pertemuan itu terjadi saat Ridwan Kamil ramai diisukan akan dipinang menjadi cawapres pendamping Capres PDIP Ganjar Pranowo. Baik Ganjar maupun Prabowo hingga kini memang belum menentukan sosok cawapres, padahal KPU RI akan membuka pendaftaran capres-cawapres dalam 25 hari lagi. 

Di sisi lain, Walil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Marcus Mekeng meminta Golkar mendukung Kamil menjadi cawapres Ganjar apabila Airlangga tidak dipinang sebagai cawapres Prabowo. 

"Airlangga harus rasional kalau tidak diambil sama Prabowo, lebih baik dukung Ridwan Kamil sama Ganjar agar Golkar tetap dapat porsi di pemerintahan yang akan datang," kata Mekeng ketika dihubungi wartawan dari Jakarta, Kamis (14/9/2023). 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara terkait wacana menjadikan Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Capres PDIP Ganjar Pranowo. Airlangga menegaskan, Partai Golkar mempersiapkan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur, bukan cawapres. 

"Pak RK (Ridwan Kamil) posisinya sebagai gubernur ya, oke. Gubernur (provinsi) apa, Pak RK sendiri yang pilih," kata Airlangga kepada wartawan usai rapat dengan pimpinan partai politik pengusung Capres Prabowo Subianto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement