Rabu 13 Sep 2023 21:56 WIB

Satu Ruang Kelas SD di Sukabumi Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Pohon besar di belakang sekolah roboh akibat angin kencang.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi kelas rusak.
Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Ilustrasi kelas rusak.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebuah bangunan kelas di SD Negeri 2 Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang, Rabu, (13/9/2023). Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa karena terjadi pada Rabu dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

"Setelah menerima adanya laporan, kami langsung berkordinasi dengan jajaran forum komunikasi pimpinan kecamatan untuk melakukan pengecekan," ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Palabuhanratu Ujang Nuryaman, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga

Berdasarkan hasil tinjauan di lapangan dan keterangan saksi, bencana itu terjadi akibat angin kencang di Kampung Jayanti. Hal itu menyebabkan pohon besar yang berada di belakang sekolah roboh. Akibatnya satu ruangan kelas SDN 2 Jayanti rusak dan saat ini tidak bisa digunakan.

Ujang menerangkan, guna mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sejak pagi masyarakat secara gotong royong melakukan upaya evakuasi terhadap batang, ranting dan daun pohon yang menimpa atap bangunan sekolah. Pada siang hari tadi masyarakat masih melakukan pembersihan material reruntuhan atap bangunan sekolah.

Kepala Desa Jayanti, Palabuhanratu Nandang mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati mengingat saat ini kondisi cuaca kering dan juga angin berembus kencang. Hal ini pun disampaikan kepada warga pada saat meninjau lokasi bencana sekolah yang satu kelasnya rusak tertimpa pohon.

"Kebutuhan mendesak saat ini material genting dan kayu untuk perbaikan atap sekolah," ujar Nandang.

Hal ini merupakan hasil assesment bersama unsur terkait lainnya di lokasi kejadian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement