Rabu 06 Sep 2023 22:33 WIB

Kelompok Nelayan Ajak Warga Manfaatkan Kerang Hijau Jadi Produk UMKM

Masyarakat diingatkan soal tingginya potensi ekonomis dari kerang hijau.

Edukasi UMKM kepada warga pesisir di Pantai Kerang Hijau di Kelurahan Legundi, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan.
Foto: Dok. Web
Edukasi UMKM kepada warga pesisir di Pantai Kerang Hijau di Kelurahan Legundi, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Lampung meneruskan program bermanfaatnya untuk kalangan nelayan dan masyarakat pesisir. Mereka mendekati warga pesisir di Pantai Kerang Hijau di Kelurahan Legundi, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan. 

KNP Lampung mengadakan penyuluhan cara budi daya dan pemanfaatan kerang hijau untuk menjadi produk UMKM yang bernilai jual tinggi. 

Baca Juga

Koordinator Wilayah KNP Lampung, Miftahul Lutvi mengatakan, para relawan berupaya mengedukasi masyarakat akan tingginya potensi ekonomis dari kerang hijau. 

"Kami dari Komunitas Nelayan Pesisir Lampung melakukan edukasi tentang kerang hijau kepada masyarakat untuk mendongkrak UMKM yang ada di sini melalui komoditas kerang hijau," ujarnya, seperti dinukil pada Rabu (6/9/2023). 

Sukarelawan menggandeng salah satu pelaku UMKM kerang hijau di Lampung untuk mengedukasi para warga berbagai cara pengolahan kerang hijau. 

Lebih lanjut, Miftahul menyebut bahwa KNP Lampung mendorong agar para nelayan tidak sekadar menjual mentah kerang hijau yang telah mereka budidaya, melainkan harus diolah menjadi berbagai produk kuliner. 

"Karena kerang hijau ini juga bisa dijadikan produk-produk. Contohnya seperti cemilan-cemilan kering yang bisa meningkatkan nilai jualnya," ujar dia. 

Lewat penyuluhan ini, Miftahul berharap bisa mendongkrak sektor UMKM produk kerang hijau sekaligus memicu peningkatan perekonomian di antara masyarakat pesisir di Lampung Selatan. 

Dalam kegiatan tersebut pula, para sukarelawan juga memberikan bantuan keranjang ikan untuk mendukung proses budi daya kerang yang dilakukan warga. 

"Meningkatkan kesadaran warga di sini juga betapa pentingnya memanfaatkan sumber daya (alam) yang ada, sehingga bisa memanfaatkan itu dengan baik, dan mengelola dengan baik untuk membantu masyarakat di sini," katanya. 

Sukarelawan KNP Lampung mengaku kegiatan yang mereka gelar terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo. Ganjar, disebut Miftahul kerap memberikan bantuan dan berbagai program yang membantu para nelayan di Jateng 

"Tentunya kegiatan ini terinspirasi dari Bapak Ganjar yang sangat peduli terhadap nelayan-nelayan yang ada di pesisir pantai," katanya. 

Sebab itu, dalam kegiatan di Pantai Kerang Hijau para relawan turut menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo kepada warga. Sukarelawan berharap Ganjar bisa semakin dikenal oleh kalangan masyarakat pesisir Lampung Selatan. 

Beberapa hari sebelumnya, ikut meramaikan dan mendukung pesta laut Nadran di Pasar Ikan Selo Pengantin, Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jabar. 

"Tujuan kami ingin membantu meramaikan Nadran Laut ini di mana karena kita sebelumnya ada pemberitahuan juga dari salah satu panitia, untuk meramaikan kegiatan ini jadi kami dari komunitas nelayan dukung Ganjar pun ikut serta dalam kegiatan Nadran Laut ini," ucap Koordinator Wilayah KNP Jawa Barat, Asep Hidayat, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement