Ahad 03 Sep 2023 13:43 WIB

CEO DCC Kenalkan Siswa Cara Bikin Siaran Berita dan Podcast

BSI Digination 2023 mengangkat tema “Opportunities in Creative Industry”.

DCC (Digital Creative Center) atau AlfaOne berkolaborasi dengan Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar event BSI Digination 2023.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
DCC (Digital Creative Center) atau AlfaOne berkolaborasi dengan Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar event BSI Digination 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DCC (Digital Creative Center) atau AlfaOne berkolaborasi dengan Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar event BSI Digination 2023. BSI Digination 2023 mengangkat tema “Opportunities in Creative Industry” ini, berlangsung pada Senin-Selasa, 28-29 Agustus 2023 di Universitas BSI kampus Pemuda, Jalan Kayu Jati V No 2, Rawamangun, Jakarta Timur.

Acara ini mengundang siswa/i dari SMK Diponegoro 1, SMK Santo Fransikus 1, SMK Hangtuah 1, dan SMKN 7 Jakarta dan hadir sebagai narasumber Iqbal Alifudin selaku Content Creator & Animator, Syaifur Rahmatullah selaku CEO KIAN Organizer dan Kukuh Panggalih selaku CEO Digital Creative Center (DCC).

Baca Juga

Kukuh Panggalih memperkenalkan tata cara membuat siaran berita dan podcast, dengan membawa studio keliling dengan fasilitas greenscreen, lightning, camera, hingga teleprompter, yang nantinya akan digunakan dalam praktik pembuatan siaran berita bagi para peserta. 

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang presenter ataupun reporter ketika membacakan sebuah berita, yakni harus memiliki sikap sempurna karena siaran berita merupakan salah satu siaran penyampaian informasi yang bersifat formal. Berbeda halnya dengan host dan narasumber podcast yang tidak formal,” kata Kukuh dalam materi yang disampaikan, Selasa (29/8/2023).

Kukuh mengajak sembilan siswa untuk mempraktikkan langsung pembuatan siaran berita dan podcast. Kesembilan siswa langsung dibagi perannya sebagai penyiar berita di studio, reporter di lapangan, camera person, host dan narasumber dalam acara podcast, serta floor director.

“Hasil rekaman dari praktik mereka akan diserahkan kepada pihak sekolah untuk diberikan pada siswa. Karena hasil rekaman tersebut bisa menjadi portofolio siswa sebagai nilai tambah saat melamar pekerjaan di industri digital kreatif,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement