Kamis 31 Aug 2023 19:16 WIB

Demokrat Ungkap Kronologi Penandatanganan Koalisi Nasdem dan PKB Usung Anies-Cak Imin

Pengusungan Anies-Cak Imin disebut sekjen Demokrat atas inisiatif Surya Paloh.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Sekjen PBNU Hilmi Faisal Zen berbincang bersama Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (dari kiri). (ilustrasi)
Foto:

Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Rasyid Baswedan berziarah ke empat makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan bersilaturahmi ke tokoh-tokoh penting di Jombang, Jawa Timur. Salah satunya sowan ke Nyai Hj. Muhassonah Hasbullah, yang merupakan ibu dari Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar.

Lewat keterangan tertulisnya, Anies yang mengenakan baju putih dan peci hitam sowan ke kediaman Nyai Hj. Muhassonah Hasbullah didampingi istrinya, Fery Farhati. Maksud kedatangannya untuk bersilaturahmi dan meminta doa.

Setelah berdoa dan berbincang, tidak banyak kalimat yang disampaikannya. Anies hanya memastikan bahwa agenda tersebut melengkapi rangkaian kegiatannya selama di Jombang yang mendatangi tokoh-tokoh NU. 

"Kami alhamdulillah bersyukur sekali bisa sampai di sini (Jombang)," tutur Anies.

Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni mengaku kaget dengan kabar atau isu yang menyebut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ingin bergabung Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Klaimnya, hingga saat ini belum ada komunikasi pihaknya dengan partai pimpinan Abdul Muhaimin Iskandar itu.

"Tidak ada, makanya gua kaget juga abis dari rapat 'Eh PKB gabung' hah dari mana gabung? Belum tahu," ujar Sahroni di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Kalaupun ada komunikasi, menurutnya itu merupakan hal yang lumrah dilakukan Partai Nasdem dan PKB di DPR. Namun, komunikasi tersebut tidaklah membahas peluang kerja sama politik keduanya.

"Tidak ada, biasa aja kita sembilan fraksi disini kan semua bae-bae aja, tapi kalau PKB dibilang gabung sampe surat udah tanda tangan, gua belum tahu," ujar Sahroni.

photo
Tarik ulur bacawapres Anies - (Republika/berbagai sumber)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement