Rabu 30 Aug 2023 17:06 WIB

Survei LSI: Elektabilitas PAN 4,2 Persen, Naik Lebih Dari 100 Persen

PAN dinilai pandai merawat basis.

Survei LSI menyebutkan adanya kenaikan elektabilitas PAN. Foto Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan memberi sambutan dalam HUT ke-25 PAN.
Foto: istimewa/doc humas
Survei LSI menyebutkan adanya kenaikan elektabilitas PAN. Foto Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan memberi sambutan dalam HUT ke-25 PAN.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode Agustus 2023, menunjukkan peningkatan elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN), yang lebih dari 100 persen dibanding sebelumnya, yaitu menjadi  4,2 persen.

"Dukungan publik terhadap PAN pada Agustus 2023 naik menjadi 4,2 persen atau ada lonjakan signifikan jika dibandingkan dengan hasil survei pada Agustus 2022," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

Dengan demikian, PAN diproyeksikan akan kembali lolos ke DPR pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Diketahui, ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) ditetapkan sebesar 4 persen.

Djayadi berpendapat, melonjaknya dukungan publik terhadap PAN tidak lepas dari faktor piawai merawat basisnya. Selain itu, manuver PAN dalam beberapa waktu terakhir berhasil menarik simpati publik.

"Gerakan atau manuver-manuver PAN belakangan yang cenderung makin dekat ke Prabowo juga kemungkinan memberikan efek positif (terhadap dukungan publik kepada PAN). Kedekatan Prabowo itu dipersepsi dari pandangan bahwa Jokowi (juga) meng-endorse Prabowo (dalam Pilpres 2024)," kata dia.

Pada kesempatan sama, peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menyampaikan, peningkatan elektabilitas PAN termasuk fenomena yang menarik. Sebab, tingkat keterpilihan partai cenderung stabil atau naik-turunnya tidak signifikan.

"(Elektabilitas) partai cenderung stabil kecuali beberapa partai mengalami pergerakan. Nah, misalnya PAN. Jadi, beberapa partai umumnya naik-turunnya relatif kecil, tapi untuk PAN ada yang menarik," ujarnya.

Dijelaskannya, meskipun kenaikannya masih dalam margin of error, tetapi  dinamika di PAN ini lebih positif ketimbang partai lain yang cenderung stagnan atau stabil. Di sisi lain, merujuk hasil survei LSI, setidaknya ada 7 partai lain yang juga bakal lolos ke DPR karena elektabilitasnya di atas 4 persen.

Survei  LSI digelar pada 3-9 Agustus 2023 dan melibatkan 1.220 responden terpilih dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Responden adalah WNI yang memiliki hak pilih. Responden diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara terlatih. Adapun toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut elektabilitas partai politik dalam survei LSI periode Agustus 2023:

1. PDIP 25,4%

2. Partai Gerindra 13%

3. Partai Golkar 9,3%

4. PKB 7,6%

5. Partai Demokrat 6,6%

6. PKS 5,2%

7. Partai NasDem 5%

8. PAN 4,2%

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement