Ahad 27 Aug 2023 14:33 WIB

Menkes: Penyemprotan Jalan Hanya Memindahkan Polusi

DKI Jakarta menyiram sejumlah ruas jalan protokol pada Jumat (25/8/2023).

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Mobil kepolisian menyemprotkan air di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23/8/2023). Penyemprotan di sekitar jalan protokol tersebut sebagai upaya untuk membersihkan debu-debu yang bertebaran di jalanan akibat polusi udara.
Foto:

Lebih lanjut, Menkes menyampaikan ada tiga penyebab utama polusi udara. Selain transportasi, pembangkit listrik tenaga uap yang memakai bakar batu bara dan industri-industri yang menggunakan batu bara atau bahan bakar karbon lainnya juga berperan.

 

"Jadi kalau mau mengurangi PM2,5 itu yang biasanya dikurangi adalah transportasi, pembangkit listrik, dan industri. Inilah yang menyebabkan banyak PM2,5 berada di atas," tutur Menkes.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyiram sejumlah ruas jalan protokol pada Jumat (25/8/2023). Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan suhu panas dan debu akibat kemarau ekstrem serta memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan kegiatan tersebut terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi I pukul 10.00 WIB dan sesi II pukul 14.00 WIB.

"Penetapan kawasan-kawasan ini merujuk pada Indeks Kualitas Udara (IQ Air). Dalam agenda tersebut, kami mengerahkan sebanyak 12 unit kendaraan dan 60 personel," kata Satriadi dalam keterangan tertulis pada Jumat (25/8/2023).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement