Jumat 25 Aug 2023 13:21 WIB

Soal Pemecatan Budiman Sudjatmiko, Ini Kata Gibran

Budiman Sudjatmiko telah resmi dipecat oleh Megawati Soekarnoputri.

Rep: C02/ Red: Teguh Firmansyah
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Politikus Budiman Sudjatmiko (kanan)  saat mengisi diskusi pada acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, Selasa (22/7/2023). Kegiatan Kopdarnas tersebut dalam rangka pembahasan sikap politik PSI dalam menghadapi Pilpres 2024 mendatang, juga membahas terkait pemenangan pada Pemilu 2024. Kehadiran tokoh politik tersebut untuk menjadi pembicara diskusi yang membahas tentang kepemimpinan dan peran pemuda dalam dunia politik.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Politikus Budiman Sudjatmiko (kanan) saat mengisi diskusi pada acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, Selasa (22/7/2023). Kegiatan Kopdarnas tersebut dalam rangka pembahasan sikap politik PSI dalam menghadapi Pilpres 2024 mendatang, juga membahas terkait pemenangan pada Pemilu 2024. Kehadiran tokoh politik tersebut untuk menjadi pembicara diskusi yang membahas tentang kepemimpinan dan peran pemuda dalam dunia politik.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming enggan disangkutpautkan dengan persoalan pemecatan Budiman Sudjatmiko oleh PDIP. Menurut Gibran pemecatan Budiman urusan pusat.  

"Hla itu tanya ke pusatlah ya jangan tanya ke saya.  (Komunikasi?) Urusan pemecatan kok karo aku i ngopo to, saya kan bukan struktur, bukan siapa-siapa di partai," kata Gibran di Balai Kota Solo, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga

Seperti diketahui, putra sulung presiden Jokowi tersebut sempat mengucapkan selamat karena Budiman urung dipecat saat Kopdarnas PSI di Jakarta beberapa waktu lalu.

Namun, ia menegaskan bahwa ucapan tersebut hanya candaan semata. Ia juga mengatakan waktu itu Budiman memang belum dipecat oleh PDIP.

 

"Ngasih selamat nggak ada maksud apa-apa, wong jenenge talkshow ya gitu isine gojekankan, dee (Budiman) sek seng gojeki (yang duluan bercanda), konteks bercanda, kan waktu di (Kopdarnas) PSI belum di pecat," katanya. 

"Kan baru kemarin dipecatnya. Ya nggak tahu (pas ngasih selamat) kan memang belum waktu itu," katanya menambahkan. 

Gibran mengatakan keputusan pemecatan Budiman tersebut merupakan kewenangan petinggi partai. "Keputusan pecat atau tidak dipecat bukan di saya juga," katanya mengakhiri.

Budiman sudah terima surat pemecatan ...

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement