Ahad 20 Aug 2023 14:41 WIB

Semarakkan HUT ke-78 RI, Pemuda Mahasiswa Nusantara Gelar Pesta Rakyat di Sukabumi

Ragam perlombaan digelar dengan melibatkan masyarakat sebagai peserta.

Pesta Rakyat 17an di Kampung Pasirkasongket, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Pesta Rakyat 17an di Kampung Pasirkasongket, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kelompok Sukarelawan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Dukung Ganjar Jawa Barat (Jabar) mempunyai cara tersendiri dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78. Salah satu yang dilakukan oleh PMN Jabar yakni mengadakan acara ‘Pesta Rakyat’ bersama warga Kampung Pasirkasongket, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. 

Koordinator Wilayah (Korwil) PMN Jawa Barat, Marsus Albar di sela kegiatan Pesta Rakyat menjelaskan  acara ‘Pesta Rakyat’ yang diselenggarakan oleh PMN berupa perlombaan dalam menyemarakkan HUT RI ke-78. Semisalnya perlombaan balap karung, tarik tambang, panjat pinang hingga pertandingan sepak bola dengan mengenakan pakaian daster.

Baca Juga

“Kami melaksanakan pesta rakyatnya berupa perlombaan-perlombaan yang sering dilaksanakan ataupun dibuat di momentum kemerdekaan tersebut. Seperti balap karung, tarik tambang, lalu ada panjat pinang dan lain-lain,” ujar dia.

Marsus menyebut ‘Pesta Rakyat’ yang diselenggarakan oleh PMN Jabar mendapat respons positif. Terlihat warga Kampung Pasirkasongket, Desa Talagamurni berbondong-bondong hadir ke lokasi acara.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan respons sangat baik dari masyarakat baik dari bapak-bapak, ibu-ibu bahkan pemuda,” tutur Marsus.

“Responsnya sangat baik, menyambut kawan-kawan PMN Jabar untuk melaksanakan kegiatan (Pesta Rakyat) di hari ini,” kata Marsus menambahkan. 

Senada, Ketua Karang Taruna Desa Talagamurni bernama Tatang menyampaikan ucapan terima kepada PMN Jabar atas dukungan yang diberikan di wilayahnya. “Saya sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini,” tutur Tatang.

Selain menggelar ‘Pesta Rakyat’ PMN turut menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024. Hal ini pun mendapatkan respons baik dari Kampung Pasirkasongket, Desa Talagamurni.

Menurut Tatang, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh relawan dari Ganjar Pranowo itu. Bahkan mereka juga siap mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres di 2024 mendatang.

“Semoga Pak Ganjar sukses, menang di pemilihan 2024. Semoga Pak Ganjar bisa membawa lari marathon melanjutkan kinerja Pak Jokowi,” harap Tatang.

Adapun terkait HUT RI, Presiden Joko Widodo mengatakan dalam rentang 78 tahun usia Indonesia telah mampu melalui bermacam-macam tantangan dan cobaan dengan bergotong-royong.

"78 tahun sudah para pejuang dan pendiri bangsa 'mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan' dengan cita-cita yang tak berubah sampai hari ini, menjadikan Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," kata Jokowi.

Ia lalu mengatakan, beragam tantangan dan cobaan berhasil dilalui berkat kerja sama semua pihak. "Dalam rentang 78 tahun itu, Indonesia melalui rupa-rupa tantangan dan cobaan yang dapat kita lewati berkat semangat gotong-royong yang jadi sifat dasar bangsa ini. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh," kata dia, demikian dilansir dari Antara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement