Ahad 13 Aug 2023 19:55 WIB

Setelah PAN dan Golkar, Gerindra Masih Buka Pintu Koalisi untuk Partai Lain

Gerindra masih membuka pintu buat partai lain untuk bergabung.

Rep: Febrian Fachri / Red: Natalia Endah Hapsari
 Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan pintu kerja sama politik Gerindra tetap terbuka bagi partai manapun.
Foto: Republika/Febrian
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan pintu kerja sama politik Gerindra tetap terbuka bagi partai manapun.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan saat ini capres yang diusung partainya, Prabowo Subianto, telah mendapat dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB). Andre menyebut walau syarat pencalonan Prabowo sudah cukup dengan lima partai tersebut, Gerindra masih membuka pintu buat partai lain untuk bergabung. 

"Tentunya pintu kerja sama politik tetap terbuka bagi partai manapun yang belum menyatakan dukungan kepada Pak Prabowo. Karena Prabowo berulang kali menegaskan bahwa politik yang dijalani adalah politik persatuan yang damai, santun, dan sejuk," kata Andre, Ahad (13/8/2023).

Baca Juga

Andre menyebut dalam waktu dekat, partai baru, yakni Partai Gelora, kemungkinan juga akan mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo. Selain itu ada juga sinyal dari partai nonparlemen lainnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga ingin mendukung Prabowo. 

"Ini momentum untuk melanjutkan keberhasilan dari Pak Jokowi dan kita butuh sosok yang mengerti kondisi sekarang ini dan tahu apa yang harus dilakukan dalam menghadapi tantangan ke depan. Dan itu ada pada sosok Pak Prabowo," ujar Andre. 

 

Diketahui, PAN bersama Golkar resmi bergabung dengan KKIR mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029. Acara deklarasi digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (13/8/2023). 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar hadir dalam acara tersebut.

Selain itu, sejumlah petinggi partai ikut hadir. Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus bersama Ketua DPD Partai Golkar Jabar Tubagus Ace Hasan Syadzily juga tampak hadir.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement