Jumat 11 Aug 2023 23:28 WIB

Kota Bogor Resmi Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Beladiri Nasional

Pekan Olahraga Beladiri Nasional akan diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kota Bogor resmi ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah dari pelaksanaan Pekan Olahraga Beladiri Nasional yang pertama di Indonesia. Perhelatannya sendiri akan dilangsungkan pada 22 Oktober 2023.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat selaku penyelenggara langsung memberikan Surat Keputusan (SK) tuan rumah kepada Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Jumat (11/8/2023) pagi.

Baca Juga

Dedie mengatakan, Kota Bogor akan menyiapkan dua venue untuk dua cabang olahraga (cabor) dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Beladiri Nasional nanti. Yakni di GOR Pajajaran untuk cabor Wushu, dan Hotel Green Forest Bogor Selatan untuk cabor Sambo dan Kickboxing.

“Alhamdulillah Kota Bogor dipercaya menjadi salah satu kota penyelenggara. Dengan ini harapannya tentu atlet-atlet kita bisa menimba ilmu sekaligus meraih prestasi terbaiknya di ajang ini,” kata Dedie, Jumat (11/8/2023).

Dedie menjelaskan, penyelenggaraan Pekan Olahraga Beladiri Nasional ini menjadi kehormatan untuk Kota Bogor. Sekaligus menjadi salah satu proses untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat tahun 2026 yang dimana Kota Bogor menjadi tuan rumahnya.

Ia melanjutkan, dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Beladiri Nasional ini, bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor. Karena kedatangan atlet, official, hingga penonton dari kota/kabupaten lainnya di Indonesia.

“Kegiatan yang bersifat nasional ini tentu dihadiri oleh banyak orang. Oleh karena itu masyarakat Kota Bogor juga saya minta menyambut secara gegap gempita, karena kegiatan ini sangat prestige. Apalagi Bogor dikenal sebagai City of Martial Arts. Dari Kota Bogor banyak atlet beladiri berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Pekan Olahraga Beladiri Nasional akan diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia. Perhelatan ini juga akan menjadi ajang babak kualifikasi bagi beberapa cabor untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) dan kejuaraan nasional (kejurnas).

Di tempat yang sama, Ketua Umum KONI Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman, mengapresiasi Kota Bogor yang dengan responsif menyambut Pekan Olahraga Beladiri Nasional ini dengan menjadi tuan rumah. Selain Kota Bogor, Kota Bekasi juga ditunjuk sebagai tuan rumah.

Pekan Olahraga Beladiri Nasional ini, kata dia, pertama dan dilaksanakan oleh kabupaten/kota. Menurutnya ini juga menunjukkan sinergitas KONI terhadap pembinaan olahraga prestasi dan tentu kita harapkan semua berjalan baik.

“Akan tercatat dalam sejarah, bahwa di dalam Pekan Olahraga Beladiri Nasional yang pertama itu diselenggarakan di Kota Bogor dan Bekasi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement