Jumat 11 Aug 2023 20:16 WIB

Peringati HUT RI dengan Turnamen Bola di Temanggung, Pena Mas Ganjar: Fasilitasi Bakat

Para pemuda antusias mengadu kemampuan di atas lapangan.

Turnamen sepak bola antartim se-Kabupaten Temanggung bertajuk Putra Giyanti Cup 2023 memeriahkan peringatan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.
Foto: Dok. PMG
Turnamen sepak bola antartim se-Kabupaten Temanggung bertajuk Putra Giyanti Cup 2023 memeriahkan peringatan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Turnamen sepak bola antartim se-Kabupaten Temanggung bertajuk "Putra Giyanti Cup 2023" memeriahkan peringatan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh pergerakan generasi alumni muda dan akademisi Universitas Diponegoro (Undip) Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Bersama Ganjar atau Pena Mas Ganjar.

"Pena Mas Ganjar terjun ke Kabupaten Temanggung untuk melaksanakan kegiatan Piala Pena Mas Ganjar bagian dari serangkaian Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Pena Mas Ganjar," kata Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar, Reza Abdurrakhman, seperti dilansir pada Jumat (11/8/2023). 

Baca Juga

Kegiatan yang digelar di Lapangan Desa Giyanti Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada 1-10 Agustus 2023 itu disambut antusias oleh para pemain sepak bola maupun warga setempat.

Reza menjelaskan, tujuannya menggelar turnamen sepak bola adalah untuk memfasilitasi para pemuda yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga sepak bola.

 

"Tujuannya, untuk memfasilitasi anak-anak muda yang suka sepak bola untuk bisa berkompetisi di Bulan Kemerdekaan (Republik Indonesia)," katanya menegaskan.

Menurut Reza, kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari warga yang dibuktikan dengan antusiasme mereka untuk mendaftarkan timnya dalam turnamen sepak bola maupun sekadar menonton di lokasi pertandingan.

Puncak kemeriahan terjadi dalam pertandingan final antara tim tuan rumah Putra Giyanti Kecamatan Temanggung melawan Merpati Wolodono Kecamatan Bulu yang berlangsung Kamis sore.

"Masyarakat sangat antusias. Bisa dilihat bahwa hari ini di finalnya (sangat meriah). Kemarin kami sudah berjalan selama 10 hari dengan 200 peserta (tim sepakbola yang bertanding)," tutur Reza.

Kemeriahan dalam kegiatan kali ini sekaligus menunjukkan dukungan warga terhadap Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Bahkan, warga dan para pemain sepak bola yang akan bertanding saat itu juga tidak lupa untuk meneriakkan dukungan untuk bakal calon presiden Ganjar Pranowo, sesaat sebelum pertandingan dimulai.

"Warga sangat antusias. Terbukti dari sorak-sorakan (berbunyi) 'Pak Ganjar' dari partai atau pertandingan pertama pada tanggal 1 Agustus juga warga sudah tahu kalau agenda hari ini bagian dari komunitasnya Bapak Ganjar," ujarnya.

Melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti itu, kelompok sukarelawan Pena Mas Ganjar optimistis dapat mendulang dukungan untuk Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Sementara itu, pertandingan final yang memperebutkan Piala Pena Mas Ganjar 2023 akhirnya dimenangkan tim tuan rumah, Putra Giyanti setelah menundukkan Merpati Wolodono dengan skor 3-0.

Pertandingan berlangsung dalam tempo cepat sejak awal yang terlihat dari perebutan bola oleh para pemain dari kedua tim. Namun, serangan dari para pemain Putra Giyanti mampu dieksekusi dengan baik menjadi gol.

Gol pertama diciptakan Ahmad Nafi disusul gol dari Arnawi yang menutup babak pertama dengan skor 2-0 untuk keunggulan tim Putra Giyanti. Ahmad Nafi kembali mencetak gol di babak kedua yang menegaskan kemenangan bagi timnya dengan skor 3-0.

"Alhamdulillah anak-anak dari persiapan kemarin sampai tadi pagi komitmen. Alhamdulillah rencana skenario dari kami di lapangan terealisasi semua sama pemain sehingga bisa membuahkan kemenangan 3-0 untuk hari ini," kata pelatih Putra Giyanti, Nurkholik.

Menurutnya, kegiatan yang digagas para sukarelawan Pena Mas Ganjar kali ini sangat bermanfaat bagi perkembangan prestasi olahraga sepak bola di daerahnya.

Nurkholik menilai turnamen sepak bola menjadi ajang pembuktian hasil pembinaan dan pelatihan yang dilakukan secara rutin di setiap tim yang ada selama ini.

"Saya juga berterima kasih kepada sponsor atau relawan dari Pena Mas Ganjar. Semoga, dengan kegiatan pada sore hari ini bisa bermanfaat, bisa berkembang," ujarnya. 

Sebelumnya kelompok serupa menggelar diskusi bersama orang tua siswa tentang pentingnya pendidikan bagi anak serta sosialisasi beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) bertema "Ngobrol Bareng Wali Murid" di Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal. “Pena Mas Ganjar menyambangi Kabupaten Tegal untuk mengobrol bersama wali murid guna menyosialisasikan masyarakat bahwa pendidikan sangat penting bagi anak-anak," kata Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar Reza Abdurrakhman. 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement