Senin 07 Aug 2023 15:42 WIB

Jazuli Juwaini: Jaga dan Lestarikan Pencak Silat Sebagai Warisan Dunia

Pencak silat merupakan seni budaya asli Indonesia yang telah diakui dunia.

 Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini membuka Festival Rampak Pencak Silat di Kota Cilegon (Minggu, 6/8/2023)
Foto: Istimewas
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini membuka Festival Rampak Pencak Silat di Kota Cilegon (Minggu, 6/8/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini membuka Festival Rampak Pencak Silat di Kota Cilegon (Minggu, 6/8/2023). Acara dikemas dengan Pertunjukan Rakyat yang merupakan salah satu program kemiteraan antara Kementerian Kominfo RI dan Komisi I DPR RI dengan Tema "Pemajuan Kebudayaan Untuk Pengokohan Karakter Pancasila".

Acara yang digelar di Lapangan Parkir Pasar Blok F Kota Cilegon ini dihadiri para pendakar pencak silat dari 50 peguron se-Cilegon menampilkan kompetisi seni pencak silat antar peguron juga atraksi debus Banten. 

Baca Juga

Hadir dalam dalam acara tersebut, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta, Wakil Ketua DPRD Cilegon Nurrotul Uyun dan Anggota DPRD Provinsi Banten dr. Shinta Wisnu dan para tetua pendekar pencak silat se-Cilegon. 

Menurut Anggota Komisi I DPR ini, pencak silat merupakan seni budaya asli Indonesia yang telah diakui dunia melalui UNESCO sebagai World Heritage dalam kategori Warisan Budaya Takbenda asal Indonesia pada tahun 2019.

"Kita harus bangga Pencak Silat telah diakui sebagai warisan dunia asal Indonesia. Tapi tidak cukup hanya itu kita harus menjaga dan melesatarikannya sehingga budaya ini mengokohkan karakter bangsa Indonesia," terangnya. 

Pencak silat menurut Ketua Fraksi PKS DPR ini memiliki makna dan filosofi yang kuat. Pencak silat dari berbagai daerah bisa jadi memiliki keunikan jurus dan gerakan, tapi semangatnya sama yaitu untuk menjaga diri, menjaga kehormatan, dan menjaga persatuan nasional.

"Semangat untuk menjaga dan melestarikan seni budaya daerah ini harus mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah pusat dan daerah. Banyak cara-cara kreatif yang bisa dilakukan yang penting ada keberpihakan," ungkapnya.

Di antara yang bisa dilakukan, lanjut Anggota DPR Dapil Banten ini, seperti yang ia lakukan berkolaborasi dengan Kominfo ini yaitu dengan gelaran festival rampak pencak silat. Cara lain bisa dengan secara rutin seni silat dan seni-seni lain ditampilkan di acara-acara pemerintah, di hotel-hotel besar, bahkan di alun-alun kota

"Dengan demikian generasi bangsa makin kenal dan akrab dengan budayanya. Makin bangga dengan kesenian tradisional. Karena dalam seni dan budaya itu ada nilai-nilai yang mengokohkan karakter Pancasila," ujar Jazuli.

Perjuangkan golok Banten

Dalam kesempatan sama, Jazuli Juwaini bercerita bahwa dirinya memimpin Fraksi PKS DPR membersamai Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri belum lama pulang dari Kantor Unesco di Perancis dalam misi diplomasi budaya. 

Dalam kesempatan tersebut, selain memperjuangkan khasanah budaya nasional, Jazuli secara khusus mengusulkan agar Golok Banten dicatat dan diakui sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco.

"Diplomasi budaya ini penting dan strategis bagi bangsa Indonesia karena salah satu kekuatan dan kebesaran Indonesia ada pada kekayaan budayanya. Selain itu, seni dan budaya juga bernilai ekonomi yang mahal yang jika dikelola dengan baik bisa mendatangkan devisa melalui wisata serta mensejahterakan ekonomi rakyat," ujar Jazuli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement