Ahad 06 Aug 2023 23:50 WIB

Menteri Jokowi hingga Happy Salma Berjalan di Catwalk Depan Istana

Menurut Menlu Retno, warisan budaya kebaya encim khas Jakarta harus dilestarikan.

Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (6/8/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (6/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri-menteri perempuan pembantu Presiden Joko Widodo dari Kabinet Indonesia Maju hingga aktris seperti Raline Shah berjalan bak model di panggung catwalk depan Istana Mereka, Jakarta, Ahad (6/8/2023).

Sejumlah menteri, seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Bintang Puspayoga dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo kompak mengenakan busana kebaya encim Betawi asal Jakarta dalam acara Istana Berkebaya.

Baca Juga

"Hari ini senang sekali karena untuk pertama kalinya saya menjadi model, biasanya lari sehari 11 kilometer, hari ini berjalan di atas catwalk 200 meter. 'It's fun', menyenangkan," kata Menlu Retno di depan Istana Merdeka.

Dalam acara yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI tersebut, selain menteri perempuan, istri menteri, para duta besar, jurnalis perempuan, hingga aktris juga turut meramaikan acara.

 

Dari kalangan pesohor, Happy Salma tampak memimpin peragaan busana. Ia mengenakan kebaya berwarna hijau muda, lengkap dengan selendang berwarna serupa. Di belakangnya, ada Ariel Tatum, Raline Shah, penyanyi Andien Aisyah, Tissa Biani dan Shareefa Daanish berlenggok di atas panggung peragaan busana.    

Menurut Menlu Retno, acara Istana Berkebaya ini memiliki pesan tentang warisan budaya Indonesia, yakni kebaya encim khas Jakarta yang harus dilestarikan.

Adapun acara Istana Berkebaya merupakan pagelaran busana kebaya encim dari Betawi dengan para model yang berjalan di panggung, seperti menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju, istri menteri yang tergabung dalam anggota OASE KIM duta besar negara sahabat, hingga masyarakat. Peragaan busana kebaya oleh tokoh wanita inspiratif Indonesia dengan tajuk "Istana Berkebaya" ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sedikitnya 401 peserta berjalan di panggung catwalk 200 meter di area luar depan Istana Merdeka.

 

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement