Ahad 06 Aug 2023 15:19 WIB

Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak Beroperasi Hari Ini

Waskita sebut Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak mulai beroperasi hari ini.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah anak meyaksikan kepadatan kendaraan di ruas jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di pintu tol Parung Kuda. Waskita sebut Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak mulai beroperasi hari ini
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Sejumlah anak meyaksikan kepadatan kendaraan di ruas jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di pintu tol Parung Kuda. Waskita sebut Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak mulai beroperasi hari ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road mempercepat pengoperasian Jalan Tol Ciawi–Sukabumi ruas Cigombong–Cibadak sepanjang 11,9 kilometer.

Sebelumnya, jalan tol tersebut akan dibuka pada Senin (7/8/2023) pukul 06.00 WIB, tetapi dipercepat menjadi Ahad (6/8/2023) pukul 14.00 WIB.

Baca Juga

SVP Corporate Secretary Waskita Ermy Puspa Yunita mengatakan keputusan ini diambil setelah melihat tingginya antusiasme masyarakat untuk melintas di jalan tol ini pasca diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat (4/8/2023).

Ermy mengatakan seluruh tim bekerja keras untuk penyempurnaan sistem guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para pengguna jalan.

"Alhamdulillah setelah dilakukan final check pagi hari ini dan berkat kerja keras semua pihak, kami dapat mempercepat pengoperasian menjadi hari ini," ujar Ermy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (6/8/2023).

Selain itu, lanjut Ermy, pengoperasian ruas ini juga sebagai kontribusi Waskita Karya sebagai perusahaan BUMN dalam mempercepat mobilitas orang dan memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa.

Ermy menyampaikan masyarakat sudah bisa merasakan manfaat Jalan Tol Ciawi–Sukabumi ruas Cigombong–Cibadak yang sebelumnya dari Jakarta menuju Sukabumi memakan waktu lima sampai enam jam, sekarang hanya butuh waktu dua setengah jam.

"Sehingga bisa lebih cepat terutama yang ingin pergi berwisata ke daerah Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng dan daerah lainnya," ucap Ermy.

Ermy mengatakan pengoperasian jalan tol ini juga sebagai hadiah HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun terutama untuk masyarakat Jawa Barat di Sukabumi dan sekitarnya. Untuk itu, Ermy menyampaikan perusahaan menggratiskan ruas Cigombong–Cibadak dioperasikan hingga 20 Agustus 2023.

Ermy menambahkan Waskita Karya terus berkomitmen untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam menghadirkan karya-karya yang berkualitas baik serta aman dan nyaman.

Sebagai informasi, pada 2018, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol sebagai anak usaha dari PT Waskita Toll Road (WTR) telah mengoperasikan ruas Ciawi-Cigombong yang terkoneksi dengan jalan tol Jagorawi. Adapun panjang ruas tersebut adalah 15,35 Km. Dengan pengoperasian ruas baru Cigombong-Cibadak ini, maka WTR mengoperasikan 27,25 Km jalan tol Ciawi-Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement