Jumat 04 Aug 2023 09:24 WIB

Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi II, Jakarta-Sukabumi Kini Hanya 2,5 Jam

Jokowi harap tol Bocimi Seksi II bisa meningkatkan mobilitas dan investasi di Jabar.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya.
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Gerbang Tol Parungkuda, Jumat (4/8/2022). Jokowi tol sepanjang 11,9 kilometer ini kinipun sudah siap dioperasikan.

"Alhamdulillah pada hari ini jalan tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan," kata Jokowi dalam sambutannya.

Baca Juga

Pembangunan Jalan Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak ini menelan biaya hingga Rp 3,2 triliun. Jokowi berharap, dengan beroperasinya jalan tol Bocimi ini bisa memangkas waktu tempuh mobilitas masyarakat dan juga barang dari Jakarta ke Sukabumi, dari sebelumnya sekitar lima jam hingga enam jam, kini menjadi 2,5 jam.

"Nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Unjung Genteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampe lima jam, kadang bisa sampai enam jam. Sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. Ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang," ungkap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berharap penyelesaian pembangunan jalan tol ini bisa meningkatkan investasi di Jawa Barat. Ia menyebut bahwa Provinsi Jawa Barat menduduki peringkat pertama dalam hal investasi.

"Karena dari survei, para investor yang ada, kenapa di Jawa Barat, Provinsi Jawa Barat menduduki rangking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," kata dia.

"Dengan mengucap Bismilahirrahmanirahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat," ucap Jokowi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement