Kamis 03 Aug 2023 22:31 WIB

Ruas Jalan Tol Bocimi Seksi II akan Diresmikan Presiden Jokowi Besok

Ruas jalan Tol Bocimi Seksi II sudah menjalani Uji Laik Fungsi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah anak meyaksikan kepadatan kendaraan di ruas jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di pintu keluar gerbang tol Parung Kuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (24/4/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Sejumlah anak meyaksikan kepadatan kendaraan di ruas jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di pintu keluar gerbang tol Parung Kuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (24/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak, Kabupaten Sukabumi sepanjang 11,9 kilometer rencananya akan diresmikan Jumat (4/8/2023) besok. Peresmian jalan tol tersebut dikabarkan akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selepas meresmikan jalan tol, Jokowi akan mengunjungi dan memberikan bantuan ke pedagang di Pasar Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. '' Pengamanan sudah seperti SOP yang kita miliki disiapkan semua, mulai keberangkatan presiden, di tempat acara dan rute yang dilewati sudah disiapkan,'' ujar Danrem 061 Suryakancana Brigjen TNI Anan Nurakhman kepada wartawan di Kantor Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (3/8/2023).

Baca Juga

Rencananya Jokowi mendatangi dua titik di Kabupaten Sukabumi yakni Gerbang Tol (GT) Parungkuda dan Pasar Parungkuda. Direncanakan acara di GT Parungkuda dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan berlanjut ke Pasar Parungkuda.

Upaya pengamanan kata Anan dilakukan kerjasama baik TNI/Polri dan unsur wilayah yang ada di Sukabumi sudah disiapkan semua. Terutama pengamanan di sepanjang rute dan tempat acara dipastikan akan diamankan maksimal.

Anan menerangkan, TNI/Polri bersinergi termasuk unsur intelijen mengantisipasi ancaman maupun bahaya yang bisa timbul. '' Saya yakin Jasa Marga dan Kementerian PUPR telah menyelesaikan kendala yang ada termasuk mungkin ada sengketa lahan,'' katanya.

Anan meyakini lahan yang terdampak pembangunan ruas tol akan diberikan ganti untung kepada masyarakat. Nantinya bila ada provokator yang mempengaruhi masyarakat bertindak tidak benar akan diantisipasi.

Setelah meresmikan jalan tol kata Anan, presiden akan mengunjungi Pasar Parungkuda. '' Dari pihak protokol istana sudah menyiapkan agenda disana misalnya pedagang yang perlu dibantu dengan pembagian sembako,'' jelasnya.

Seperti diketahui, ruas jalan Tol Bocimi Seksi II sudah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Layak Operasi (ULO) pada 3-4 Juli 2023. Di dalam seksi II ini terdapat 9 jembatan utama dan 8 jalur penyebarangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement