Kamis 03 Aug 2023 13:24 WIB

Dilaporkan MAKI, Alexander Marwata: Memang Saya Pikirin?

Dilaporkan MAKI, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sebut enggan memikirkannya.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata. Dilaporkan MAKI, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sebut enggan memikirkannya.
Foto: Republika/Flori sidebang
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata. Dilaporkan MAKI, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sebut enggan memikirkannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua KPK Alexander Marwata tidak ambil pusing soal dirinya dilaporkan Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) ke Dewan Pengawas (Dewas) terkait masalah penetapan status tersangka Kepala Basarnas Marsdya Henri Alfiandi. Menurut dia, laporan itu tidak penting. 

"Bilang ke MAKI, memang saya pikirin. Terserah MAKI mau melaporkan apa saja, saya enggak peduli," kata Alex dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/8/2023).

Baca Juga

Alex justru mengaku merespons santai laporan tersebut. "Ngapain mikirin laporan MAKI yang enggak bermutu," ujar dia.

Sebelumnya, MAKi melaporkan Alexander Marwata ke Dewas KPK. Aduan ini dilayangkan buntut polemik penetapan status tersangka terhadap Kepala Basarnas Marsdya Henri Alfiandi dan bawahannya Letkol Afri Budi Cahyanto.

“Pak Alexander Marwata telah melakukan tindak di luar prosedur terkait dengan penetapan tersangka Marsdya HA,” kata kuasa hukum MAKI, Kurniawan Adi Nugroho kepada wartawan di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Rabu (2/8/2023).

MAKI menilai, tindakan Alex diduga melanggar kode etik dan pedoman perilaku insan KPK yang diatur dalam Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebab, Kurniawan menjelaskan, surat perintah penyidikan (sprindik) Henri dan Afri tidak diterbitkan KPK, melainkan oleh Puspom TNI karena mereka merupakan prajurit aktif.

“Tidak bisa dilakukan tanpa ada sprindiknya itu. Karena melanggar hak asasi manusia,” ujar Kurniawan.

Selain itu, kata dia, aduan ini juga disampaikan ke Dewas karena KPK dinilai seolah tidak berkoordinasi dengan pihak TNI. Seharusnya, kata Kurniawan, koneksitas KPK dan TNI dilakukan sebelum operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan.

“Itu poin utama yang kami laporkan ke Dewas terhadap Bapak Alexander Marwata,” kata Kurniawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement