Rabu 02 Aug 2023 13:10 WIB

Prabowo Kunjungi DPP PSI yang Sudah Dukung Ganjar, Ini Penjelasan Plt Sekjen PSI

PDIP tak pernah melibatkan PSI dalam pertemuan partai koalisi pendukung Ganjar.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan pidato politiknya di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Ahad (16/7/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan pidato politiknya di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Ahad (16/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto akan mengunjungi Kantor DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jalan Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (2/8/2023). Kunjungan ini terbilang menarik karena PSI sejak beberapa bulan lalu telah menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres Pilpres 2024.

Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI, Isyana Bagoes Oka, mengatakan Prabowo beserta rombongan DPP Partai Gerindra akan mengunjungi markas PSI pada pukul 17.00 WIB. Namun, Isyana enggan mengungkapkan topik yang akan dibahas dalam pertemuan itu.

Baca Juga

Dia juga belum mau menjawab ketika ditanya apakah dalam pertemuan itu akan membahas potensi PSI beralih mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024. "Untuk agenda yang akan dibahas, mohon datang nanti sore. Setelah pertemuan, bersama-sama kami akan jumpa pers," kata Isyana ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Rabu (2/8/2023).

Kunjungan serupa pernah dilakukan DPP Gerindra ke Markas Partai Bulan Bintang (PBB) pada Senin (24/7/2023). Sepekan berselang, tepatnya pada Ahad (30/7/2023), PBB mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo sebagai capres Pilpres 2024.

 

Dalam acara deklarasi PBB itu, turut hadir sejumlah pimpinan dan perwakilan partai politik, termasuk perwakilan PSI. Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, beberapa partai politik yang perwakilannya hadir itu bakal menyusul mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo.

Dasco enggan menyebutkan partai apa saja yang akan menyusul langkah PBB. Dia hanya mengatakan bahwa dukungan akan datang dari partai parlemen dan partai non-parlemen.

"Pokoknya partai yang hadir di sini (akan mendeklarasikan dukungan). Jangan dikasih tahu dulu. Kalau dikasih tahu sekarang jadinya tidak kejutan," ujar Dasco kepada wartawan usai menghadiri acara milad PBB di ICE BSD, Tangerang.

Adapun PSI, sejak jauh-jauh hari telah menyatakan mendukung Ganjar, bahkan sebelum PDIP mendeklarasikan mengusung Ganjar. Namun, dukungan PSI itu tidak dianggap oleh pihak PDIP. PDIP tidak pernah melibatkan PSI dalam pertemuan partai koalisi pendukung Ganjar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement