Senin 24 Jul 2023 23:10 WIB

FT UI Gandeng PLN Kembangkan Inovasi Ketenagalistrikan

Kolaborasi FT UI dan PLN merupakan suatu upaya meningkatkan kapasitas SDM.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Fuji Pratiwi
Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) bekerja sama dengan PT PLN (Persero) dalam rangka mengembangkan inovasi ketenagalistrikan Indonesia.
Foto: Dok FT UI
Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) bekerja sama dengan PT PLN (Persero) dalam rangka mengembangkan inovasi ketenagalistrikan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) untuk melakukan pengembangan inovasi ketenagalistrikan Indonesia. Lewat kerja sama itu, FT UI dan PLN akan berkolaborasi dalam bidang riset, pengembangan teknologi, dan penggerak inovasi di bidang ketenagalistrikan.

"Kerja sama pendidikan dan riset inovasi ini merupakan bukti nyata hubungan yang tak terpisahkan dari FT UI dengan industri," ujar Dekan FT UI, Heri Hermansyah, lewat keterangannya, Senin (24/7/2023).

Baca Juga

Heri menjelaskan, kerja sama itu juga mencakup upaya pengembangan kapasitas sumber daya untuk mengatasi berbagai isu strategis ketenagalistrikan. Hal itu, kata dia, akan memungkinkan FT UI untuk berperan aktif dalam mencari solusi inovatif pada isu-isu strategis yang dihadapi dalam bidang tersebut.

"FT UI menyediakan kesempatan bagi para praktisi untuk melanjutkan pendidikan di bidang keteknikan dan kesempatan penelitian bersama untuk menjadi wadah knowledge transfer dari FTUI kepada para praktisi dan masyarakat luas. Dengan harapan dapat berdampak unggul untuk kemajuan ketenagalistrikan di Indonesia," kata dia.

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan, Iswan Prahastono, mengungkapkan, kerja sama itu akan memberikan dampak yang signifikan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi industri ketenagalistrikan di Indonesia. Pihaknya juga akan dapat memanfaatkan pengetahuan dan penelitian yang dilakukan oleh FTUI untuk mengembangkan teknologi baru, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya di sektor ketenagalistrikan.

"Kami sangat menghargai kontribusi FTUI dalam riset dan pengembangan teknologi yang akan memberikan dampak positif bagi industri dan masyarakat secara keseluruhan," kata Iswan.

Kolaborasi antara FT UI dan PT PLN merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berkaitan dengan ketenagalistrikan. Dengan memperkuat kolaborasi dengan PT PLN, FTUI dapat menyediakan pendidikan dan pelatihan yang relevan bagi para mahasiswa dan tenaga kerja di sektor ketenagalistrikan.

"Hal tersebut diharapkan akan membantu menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan dalam sektor ketenagalistrikan," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement