Kamis 20 Jul 2023 22:26 WIB

Relawan Santri Dukung Ganjar Sambut Tahun Baru Islam dengan Pawai dan Shalawat di Jakarta

Tampak keceriaan di wajah anak-anak muda majelis taklim saat berkeliling.

Pawa dan doa bersama Majelis Taklim Matholi'ul Falah El-Djuprih, Cilungup, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta.
Foto: Dok. Sdg
Pawa dan doa bersama Majelis Taklim Matholi'ul Falah El-Djuprih, Cilungup, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok relawan SDG menggelar pawai dalam rangka menyambut tahun baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 Hijriyah. Pawai itu dilaksanakan sukarelawan SDG dalam rangkaian acara doa bersama di Majelis Taklim Matholi’ul Falah El-Djuprih, Cilungup, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta. 

“Suasananya ramai. Ibu-ibu dan bapak-bapak warga sekitar juga hadir dalam mengikuti pawai,” kata Koordinator Nasional (Kornas) SDG Acep Amirudin di lokasi.

Baca Juga

Tampak keceriaan di wajah anak-anak muda majelis taklim saat berkeliling sambil melantunkan selawat dan merawis bersama-sama. Warga sekitar turut antusias menyaksikan pawai yang dihelat SDG ini.

“Alhamdulillah respons dari masyarakat sangat antusias dan banyak masyarakat yang ikut serta dalam pawai dan doa bersama pada malam hari ini,” kata Acep.

Menurut Acep, kegiatan pawai, melantunkan shalawat, dan bersuka cita merayakan tahun baru hijriyah merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada sejarah dan budaya Islam.

Oleh karena itu, Acep menyebut perhelatan pawai di malam tahun baru Hijriyah adalah upaya untuk memperkenalkan sejarah Islam kepada generasi muda. Sehingga pengetahuan dan ketakwaan mereka semakin bertambah.

“Pada malam tahun baru ini, semoga kami diberikan kekuatan iman yang lebih kuat dan juga ketakwaan yang semakin kuat kepada Allah,” katanya.

Acep pun mendoakan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia dalam momentum tahun baru Islam ini. Acep berharap semua doa dan keinginan umat segera dikabulkan.

“Doa untuk kita semua yang di malam tahun baru ini, semua hajat-hajat kita, kita doakan mudah-mudahan terkabul dan diijabah. Ke depan kita akan selalu membantu dan terlibat dalam pendidikan ataupun bantuan sosial ke majelis taklim dan pesantren,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Majelis Taklim Matholi’ul Falah El-Djuprih, Ruli Wijaya, mengapresiasi upaya SDG untuk turut memeriahkan malam tahun baru Islam. Ruli pun mendoakan kesuksesan semua kegiatan SDG.

“Harapan kami SDG dalam momen pawai ini mendapatkan keberkahan dan semakin bermanfaat untuk umat,” kata Ruli.

Selain di Jakarta Timur, SDG juga menggelar pawai malam tahun baru Islam bersama Majelis Taklim Sadigo di Jakarta Pusat, Majelis Taklim Al Munawar di Jakarta Utara, dan Majelis Taklim Syubbanul Qulub di Jakarta Selatan.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah yang jatuh pada Rabu (19/7/2023). Kepala Negara mengajak kepada seluruh umat Islam di Tanah Air untuk berhijrah dan meninggalkan semua jejak buruk di tahun lalu. 

 

"Mari berhijrah dan melangkah maju. Meninggalkan semua gangguan yang tak perlu," tulis Presiden Jokowi dalam akun Twitter pribadinya @jokowi, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement