Kamis 20 Jul 2023 08:36 WIB

Para Milenial Situbondo Diajak Srikandi Ganjar Tingkatkan Kemampuan Public Speaking

Pelatihan public speaking kali ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Pelatihan Public Speaking untuk kaum muda khususnya perempuan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Pelatihan Public Speaking untuk kaum muda khususnya perempuan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking menjadi salah satu modal yang berharga bagi kaum milenial, baik dalam dunia pekerjaan maupun kehidupan sosial sehari-hari. Hal itu menjadi alasan kelompok sukarelawan Srikandi Ganjar Jawa Timur (Jatim) menggelar Pelatihan Public Speaking untuk kaum muda khususnya perempuan di Kabupaten Situbondo. 

"Hari ini kegiatannya adalah pelatihan public speaking terutama di bagian MC. Jadi, bagaimana cara milenial di Situbondo menjadi seorang MC," kata Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jawa Timur, Cindy Miftakhul Maghriza.

Baca Juga

Kegiatan tersebut diikuti para perempuan muda yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Situbondo dan diisi pemateri dari kalangan praktisi public speaking serta influencer.

Bahkan, Cindy mengaku tak menyangka ada di antara peserta yang rela menempuh perjalanan selama berjam-jam untuk datang ke lokasi acara di Kafe Fortuna Kecamatan Situbondo.

 

"Dukungannya perempuan yang ada di sini, mereka sangat bersemangat dan antusias bahkan mereka datang ke sini sangat tepat waktu," ujar Cindy terkesan dengan antusiasme para peserta.

Cindy mengatakan, kaum muda di Situbondo umumnya terkesan dengan program-program kerja Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah, khususnya yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.

"Mereka benar-benar tahu bagaimana sosok Bapak Ganjar Pranowo. Jadi, di sini kita juga sangat senang karena mereka semangat (mengikuti kegiatan sukarelawan)," ujar Cindy.

Adapun, tujuan Srikandi Ganjar menggelar pelatihan public speaking kali ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk tampil dan mengemukakan gagasan di hadapan publik.

Hal itu diakui sesuai dengan visi misi Ganjar untuk meningkatkan kemampuan generasi muda sehingga mereka memiliki nilai tambah di tengah masyarakat maupun pekerjaan.

"Tujuannya adalah biar menggali potensi-potensi para milenial yang ada di Situbondo kemudian mereka bisa percaya diri untuk menjadi seorang MC. Tujuan dari kegiatan ini mungkin mereka bisa jadi MC di acara-acara kecil. Kemudian, gak jadi MC gak jadi narasumber tapi jadi konten kreator," kata dia.

Manfaat dari pelatihan public speaking itu dirasakan para peserta seperti diakui salah seorang perempuan muda asal Situbondo bernama Deviana.

Selain itu, ia menilai para sukarelawan juga berhasil mengemas kegiatannya dengan menarik sehingga para peserta pun tidak bosan mengikuti materi yang disampaikan para pemateri.

"Kegiatannya seru banget, asik dan saya (jadi) punya banyak teman di sini jadi punya banyak kenalan. Tadi itu belajar public speaking kemudian hambatannya dan solusinya. Sangat sangat bermanfaat sekali," kata Deviana.

Melalui kegiatan itu pula mereka bisa lebih mengenal sosok Ganjar termasuk prestasi dan komitmennya dalam membangun bangsa Indonesia setelah terpilih menjadi presiden 2024 mendatang.

Devina menyoroti program-program yang berkaitan dengan kaum perempuan agar lebih diprioritaskan oleh Ganjar apabila terpilih menjadi presiden nanti.

"Harapannya untuk Pak Ganjar semoga banyak program-program kepemudaan (untuk) pemuda khususnya perempuan karena perempuan itu sebagai wajah dari Indonesia. Kalau tidak ada perempuan, Indonesia itu tidak berwarna," ujarnya.

Terakhir, Deviana bersama para perempuan muda lain di Kabupaten Situbondo berharap dapat bertemu langsung sengan Ganjar untuk menyampaikan aspirasi mereka.

"Semoga ke depannya Pak Ganjar bisa bertemu langsung sama anak-anak muda di Situbondo khususnya perempuan," kata Deviana menegaskan.

Tak hanya soal softskill, kelompok serupa juga sebelumnya menyasar peningkatan fisik dan kesehatan jasmani para perempuan milenial dengan pelatihan olahraga pound fit. 

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar DIY Herawati mengatakan acara tersebut dilaksanakan di DM Fitness & Sanggar Senam, Kelurahan Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahwa kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi aspek penting dalam menunjang segala aktivitas. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah berolahraga secara teratur. 

Olahraga asal negeri Paman Sam ini belakangan sangat populer dan begitu digemari berbagai kalangan. Sebab, dengan waktu kurang lebih 60 menit, pound fit mampu membakar hingga 900 kalori. 

"Srikandi Ganjar mengadakan kegiatan pound fit yang di mana olahraga ini sangat digandrungi oleh kalangan milenial ya, karena olahraga ini lagi viral sekarang di sosial media dan kami juga ingin mengajak untuk perempuan milenial itu selalu produktif setiap minggunya," kata Hera, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement