Rabu 19 Jul 2023 23:57 WIB

Relawan Mak Ganjar Dorong Kemandirian Kaum Ibu Lewat Pelatihan Pembuatan Piza

Para ibu didorong untuk melihat peluang UMKM.

pelatihan membuat piza di kawasan Jl. Raya Jatiwaringin, Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/7/23).
Foto: Dok. Web
pelatihan membuat piza di kawasan Jl. Raya Jatiwaringin, Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/7/23).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kelompok relawan Mak Ganjar Jabodetabek menggelar pelatihan membuat piza di kawasan Jl. Raya Jatiwaringin, Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/7/23). Kegiatan ini dilakukan untuk mengakselerasi kemandirian kaum ibu secara ekonomi melalui program pemberdayaan perempuan di bidang wirausaha.

Piza adalah penganan kontinental berjenis bakery khas Italia berbentuk bundar yang terbuat dari terigu, telur, dengan ditaburi bumbu dan topping beraneka ragam.

Baca Juga

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jabodetabek, Evy Nafisah mengatakan kaum ibu memiliki banyak peran penting dalam sebuah keluarga. Salah satunya menjadi sosok yang tangguh, sehingga bisa mendongkrak perekonomian rumah tangga.

"Kami melakukan silaturahmi kepada pendukung Mak Ganjar yang berada di wilayah perbatasan Jakarta dan Bekasi dengan memberikan pendidikan keterampilan bagi emak-emak. Paket yang kami berikan keterampilan adalah masalah piza," ucap Evy. 

Evy berharap, kaum ibu di wilayah setempat dapat terinspirasi untuk membuat usaha rumahan di bidang kuliner bertemakan piza.

Apalagi piza merupakan jenis masakan yang kini jadi makanan umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Di samping ekonomi, kaum ibu juga harus memerhatikan tumbuh kembang sang buah hati. Sebab, pada era modernisasi dan digital seperti sekarang ini perempuan dituntut selalu siap dalam segala kondisi. 

"Ya, karena program kami inikan itu salah satu keterampilan ibu-ibu rumah tangga ketika anak-anak nya ga suka makan sayur atau apa kan bisa disiasati dengan piza," kata dia.

Mak Ganjar berkomitmen akan selalu menebar kebaikan dan kebermanfaatan bagi kaum ibu khususnya di wilayah Jabodetabek. "Kami kan bergandengan tangan dengan UMKM, kami juga bukan hanya piza yang kami berikan keterampilan, keliling bagaimana permintaan (ibu-ibu). Karena kami sudah punya tim kan mulai dari provinsi sampai per kecamatan per kelurahan jadi mereka sendiri sudah bisa menganalisis dimana kita harus turun," ungkap dia.

Salah satu peserta asal Bekasi, Kurnia (56 tahun) mengaku sangat tertarik dengan pelatihan membuat olahan piza ala Mak Ganjar ini. Bahkan, dalam kesempatan itu wanita yang akrab disapa Aan ini mencoba membuat piza secara langsung.

"Alhamdulillah walaupun sebentar tapinya saya bisa sedikit caranya, sebelumnya belum pernah. Insyaallah saya pengen di rumah pengen belajar bikin yang kecil-kecil ya nanti biar saya kasih tau ke anak saya yang masih punya anak kecil biar bisa jualan depan rumah kali bisa usaha ya," kata dia.

Sebelumnya, kelompok serupa juga telah menggelar pelatihan pelatihan membuat camilan kepada kalangan ibu-ibu di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kali ini, Mak Ganjar menjalin silaturahmi dan bersosialisasi dengan ibu-ibu di Desa Pasuruhan Kidul, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Korwil Mak Ganjar Jateng Panca Susilowati mengatakan dalam kesempatan itu pihaknya juga menggandeng ibu-ibu setempat untuk membuat camilan yang digemari semua kalangan.

 

“Pada hari ini, kami belajar bersama membuat camilan yang banyak digemari yaitu Kue Sakura,” ujar Panca, demikian dilansir dari Antara

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement