Selasa 18 Jul 2023 04:31 WIB

Komitmen PAN terhadap UMKM Tingkatkan Kesejahteraan Perekonomian

Kondisi UMKM di Indonesia masih sangat minim dorongan dan bantuan.

Pelaku UMKM menata produknya yang di sebuah pameran di Jakarta. PAN berkomitmen mendorong UMKM agar kesejahteraan pelaku usaha meningkat.
Foto: Republika/Prayogi
Pelaku UMKM menata produknya yang di sebuah pameran di Jakarta. PAN berkomitmen mendorong UMKM agar kesejahteraan pelaku usaha meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhatian besar Partai Amanat Nasional (PAN) terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menciptakan dampak positif bagi perekonomian. Langkah konkret yang digencarkan mampu menaikkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Tokoh masyarakat Ponogoro, Jawa Timur, Adi Sutrisno, mengatakan PAN sangat siap berkontribusi untuk pelaku UMKM. Partai koalisi Pemerintah Presiden Jokowi tersebut berupaya agar perekonomian para usaha kecil bisa mengalami peningkatan.

"Saya melihat PAN di Ponorogo ini betul-betul memperhatikan pelaku UMKM dengan memberikan wawasan luas untuk meningkatkan bisnisnya," kata Adi dalam siaran pers di Jakarta, Senin (17/7/2023).

Adi menyampaikan, kondisi UMKM di Indonesia masih sangat minim dorongan dan bantuan. Dia menilai, kehadiran PAN sangat berguna untuk kesejahteraan UMKM mulai dari industri, pedagang, hingga perajin pakaian. "Pelaku UMKM di sini sangat membutuhkan wawasan pendidikan agar nantinya bisa menghadirkan produk yang berinovasi dan juga kreatif," ucap Adi.

PAN telah menyatakan produk dari UMKM Indonesia memiliki kualitas yang mumpuni dan tak kalah saing dengan produk hasil impor. Dengan masyarakat menggunakan produk lokal maka bisa meningkatkan perekonomian negara.

Selain itu, PAN menegaskan ada banyak manfaat ketika UMKM diberi wawasan seperti memperluas relasi, saling bertukar ilmu dan informasi, serta menambah kerjasama. "Apalagi saat ini, kebangkitan produk UMKM lokal semakin terasa berkat kolaborasi dan dukungan pemerintah," kata Adi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement