Senin 17 Jul 2023 11:52 WIB

Turnamen Mobile Legends Ganjar Muda Padjajaran Tarik Minat Puluhan Gen Z dan Milenial

Jabar dikenal memiliki segudang talenta esports.

Gelaran turnamen gim daring Mobile Legends yang digemari banyak anak muda di Indonesia.
Foto: Dok. Gmp
Gelaran turnamen gim daring Mobile Legends yang digemari banyak anak muda di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Provinsi Jawa Barat (Jabar) dikenal sebagai gudangnya talenta esports. Hal itu tecermin dari pencapaian Tim Jawa Barat, yang berhasil merebut ragam medali emas  esport Pekan Olahraga Nasional (PON) edisi terakhir di Papua. Seperti dilansir dari Antara, Senin (17/7/2023),  nama-nama atlet esports Jabar, seperti Rizky Faidan dan Ferry Purnama Gumilang pun harum di kancah internasional. 

Berangkat dari hal itu, kelompok relawan kreatif Ganjar Muda Padjajaran (GMP) berusaha merangkul para milenial dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif. Salah satunya, dengan mengadakan turnamen gim daring Mobile Legends yang digemari banyak anak muda di Indonesia.

Baca Juga

Adapun turnamen ini diadakan di Bobber Cafe, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Jawa Barat, yang diikuti puluhan milenial setempat.

Ari Alamiri selaku pengurus pusat sukarelawan GMP mengatakan Mobile Legends saat ini sudah diakui sebagai e-sport salah satu cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON). 

"Kemudian juga hari ini kami fokuskan pada pembinaan generasi muda, karena peserta hari ini fokus ke Gen Z. Ada yang usia 18 dan 19 tahun," kata dia di lokasi.

Dia pun menyebut kegiatan itu mendapat respons positif dari para peserta. Bahkan jumlah yang mendaftar turnamen membeludak.

"Sebenarnya ini juga kita batasi hanya 12, tetapi pendaftarannya membludak. Kami batasi karena menyesuaikan dengan tempat dan waktu. Karena kalau terlalu banyak bisa sampai malam," kata dia.

Melalui kegiatan, para pendukung Ganjar Pranowo berharap para pemuda yang hobi game bisa lebih terarah. "Karena memang masih banyak stigma bahwa bermain game itu hanya membuang waktu. Padahal sebetulnya e-sport itu juga sebagai salah satu peluang di masa depan. Mereka bisa menyalurkan hobi mereka, tetapi juga mendapatkan sesuatu di masa yang akan datang," ujar dia.

Sementara salah satu peserta, Jujuking mengaku sangat senang bisa mengikuti turnamen yang diadakan GMP. "Dari saya sendiri antusias, tadi satu tim juga teriak-teriak untuk meramaikan juga. Terus tadi bawa penonton banyak juga," kata dia.

Dia pun menilai kegiatan yang diadakan  itu sangat bagus. Dia juga berharap perhatian yang diberikan Ganjar kepada e-sport tidak hanya ada di Jawa Tengah, tetapi di seluruh Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement