Kamis 13 Jul 2023 10:51 WIB

KCIC: Pembangunan Stasiun Padalarang Masih Tepat Waktu

Konstruksi stasiun ini disebut punya tingkat kesulitan dan risiko yang lebih tinggi.

Foto udara suasana pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Foto udara suasana pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Stasiun Padalarang milik Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat ini sedang dibangun. Hingga saat ini pembangunan Stasiun Padalarang berjalan dengan lancar sesuai target yang telah ditetapkan.

"Progres (konstruksi) seluruh stasiun KCJB juga sudah mendekati rampung," kata Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti di Jakarta, seperti dinukil pada Kamis (13/7/2023). 

Baca Juga

Pembangunan stasiun Padalarang mulai dikerjakan intensif sejak China Railway Group Limited (CREC) sebagai kontraktor menerima penugasan pada 31 Oktober 2022. Dengan jadwal dan anggaran yang ketat, konstruksi stasiun Padalarang memiliki tingkat kesulitan dan risiko yang lebih tinggi.

Padalarang menjadi satu-satunya stasiun yang dibangun bersentuhan langsung dengan jalur kereta api yang sudah ada lebih dulu. Berdiri di atas luas lahan 12.748 meter persegi, stasiun kereta cepat Padalarang dilengkapi dengan 2 set dan 4 jalur kereta.

 

Setelah selesai, Padalarang akan menjadi satu-satunya stasiun KCJB yang dapat mewujudkan perpindahan antara kereta api kecepatan normal dan kecepatan tinggi. Stasiun ini menjadi solusi bagi wisatawan yang memasuki pusat kota Bandung, memudahkan perjalanan masyarakat dan secara efektif mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial setempat.

KCJB awalnya memiliki empat stasiun pemberhentian yakni, Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar. Namun pemerintah Indonesia kemudian memutuskan untuk mengganti stasiun Walini ke Padalarang untuk lebih dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat. Padalarang juga dipilih karena berperan besar dalam meningkatkan kondisi lalu lintas di Kabupaten Bandung Barat.

Hingga saat ini, progres pembangunan stasiun Padalarang terus berkembang dan semakin mendekati target rampung. Kontraktor terus bekerja keras dan hati-hati agar stasiun penghubung kereta cepat dan kereta feeder menuju kota Bandung ini selesai sesuai jadwal.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Stasiun Kereta Cepat Padalarang direncanakan menjadi tempat pemberhentian utama Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di wilayah Bandung. 

Sehingga nantinya, kata dia, penumpang kereta cepat bisa menggunakan kereta reguler (Commuter Line) untuk melanjutkan perjalanan ke wilayah Kota Bandung.

"Sesuai kesepakatan pemberhentian utama di Padalarang bukan di Tegalluar. Dari Padalarang ke kotanya nanti dengan kereta reguler," kata Ridwan Kamil, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement