Rabu 12 Jul 2023 17:17 WIB

Dukungan untuk PAN di Jawa Timur Menguat, Ini Alasan Warga Nyatakan Deklarasi

Sejumlah elemen masyarakat Jawa Timur nyatakan dukungan untuk PAN.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (ilustrasi). Sejumlah elemen masyarakat Jawa Timur nyatakan dukungan untuk PAN
Foto: dok PAN
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (ilustrasi). Sejumlah elemen masyarakat Jawa Timur nyatakan dukungan untuk PAN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sekelompok masyarakat yang menamai diri Sahabat PAN Jawa Timur (Jatim) menyatakan mendukung Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Pemilu 2024 mendatang. Dukungan banyak hadir dari masyarakat yang tinggal di Blitar, Kediri, dan Tulungagung.

“Masyarakat Jawa Timur, khususnya yang berasal dari Blitar, Kediri, dan Tulungagung, secara kompak gelar deklarasi buat dukung PAN,” kata Koordinator Relawan Sahabat PAN Jawa Timur Dapil VI, Alvin Afif Muhtar, dalam keterangannya, Rabu (12/7/2023).  

Baca Juga

Dia menuturkan, komitmen kuat diberikan masyarakat Jatim untuk mendukung PAN pada pemilu mendatang. PAN menjadi partai politik (parpol) pilihan lantaran punya kepedulian tinggi terhadap kondisi masyarakat.

Menurut dia, PAN tengah berada di jalur yang tepat untuk terus hadir di tengah-tengah masyarakat. Kerja cepat yang banyak dihadirkan PAN beri dampak besar terhadap kehidupan sehari-hari.  

“Bisa dilihat dari banyaknya langkah konkret PAN dan merealisasikan banyak program atau kebijakan buat masyarakat,” ucapnya. 

Tercatat, terdapat beberapa program PAN yang berpihak kepada masyarakat. Semisal memberikan sembako secara gratis, menggelar festival musik Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS), serta  PANsar Murah bagi rakyat.

Lebih lanjut dia menyebut, sekarang ini PAN sudah menjadi parpol yang lebih terbuka. Sehingga kehadirannya sangat diterima oleh semua kalangan masyarakat Tanah Air. 

“Banyak masyarakat yang sekrang ikut dukung PAN karena kerjanya terasa, beri dampak positif. PAN juga sekarang lebih terbuka jadi banyak disuka banyak masyarakat,” kata dia. 

Baca juga: Ada 100 Juta Kerikil untuk Lempar Jumrah Jamaah Haji,  Kemana Perginya Seusai Dipakai?

Kinerja positif yang ditunjukkan Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan RI turut mendongokrak elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) pimpinanya. Dalam survei terbaru Indonesian Political Opinion (IPO), elektabilitas PAN pimpinan Zulkifli Hasan telah menggeser posisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Direktur Indonesian Political Opinion Dedi Kurnia Syah mengatakan, Kementerian Perdagangan pimpinan Zulkifli Hasan meraih 52,1 persen tingkat kepuasan masyarakat. Keberhasilan Kementerian pimpinan Zulkifli Hasan itu turut mendongkrak elektabilitas PAN menggeser PKS dalam survei itu.

“Kementerian Perdagangan 52,1 persen,” kata Dedi dalam rilis survei dengan 'Peta Elektoral Koalisi Partai & Capres-Cawapres Jelang Pemilu 2024' di Jakarta Pusat, Jumat,(16/6/2023).

Dalam survei itu, tercatat bahwa PAN berhasil menyalip PKS dengan perolehan suara 5,0 persen. Adapun PKS hanya mencatatkan perolehan suara sebesar 4,8 persen. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement