Senin 10 Jul 2023 08:19 WIB

21 PTN-BH Bentuk Forum Protokol, 3 Kampus Absen, Termasuk UI

Sebanyak 21 PTN-BH membentuk Forum Protokol, tiga kampus absen termasuk UI.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Perguruan Tinggi Negeri (ilustrasi). Sebanyak 21 PTN-BH membentuk Forum Protokol, tiga kampus absen termasuk UI.
Foto: blogspot.com
Perguruan Tinggi Negeri (ilustrasi). Sebanyak 21 PTN-BH membentuk Forum Protokol, tiga kampus absen termasuk UI.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 21 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sepakat membentuk Forum Keprotokolan PTN-BH. Pembentukan forum mengemuka dalam rapat koordinasi dan pembentukan Forum Protokol, 7-8 Juli 2023.

Dalam rapat, terpilih tiga orang sebagai pengurus Forum Protokol PTN-BH. Ketua, Haryanto dari UGM, Wakil Ketua, Suharman Hamzah dari Universitas Hasanuddin, dan Sekretaris, Sri Sunarmi dari Universitas Brawijaya.

Baca Juga

Haryanto menyampaikan terima kasih dari perwakilan PTN-BH yang memilihnya secara aklamasi sebagai Ketua Forum Protokol PTNBH. Untuk pertama kali, dibentuk demi menjalin koordinasi dan komunikasi antarsesama pengelola.

Ia mengungkapkan, alasan dibentuk Forum Protokol PTN-BH ini dalam rangka memperkuat jejaring keprotokolan perguruan tinggi. Untuk saling berbagi, belajar, berkomunikasi dan benchmarking dengan dasar kepentingan sama.

Dalam konteks PTN-BH, ia berpendapat, protokol dibutuhkan dalam mendukung kegiatan internal dan kegiatan rutin pimpinan. Karena itu, tugas dan fungsi protokol dalam lingkup perguruan tinggi menjadi sangat penting.

"Aktivitas yang makin padat dan beragam membawa konsekuensi pengaturan kegiatan pimpinan perguruan tinggi yang harus semakin baik dan terukur. Sebagai pendukung kegiatan pimpinan, tanggung jawab protokol semakin kompleks," kata Haryanto lewat rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (9/7).

Haryanto menambahkan, dalam waktu dekat ini sudah ada rencana untuk menyusun program kerja dan melakukan audiensi ke Kemendikbudristek. Serta, secara periodik dilaksanakan kegiatan bimtek keprotokolan.

Ketua panitia kegiatan rapat koordinasi dan pembentukan Forum Protokol PTN-BH, Dina W Kariodimedjo menyampaikan, kegiatan ini diikuti sebanyak 48 peserta. Mereka berasal dari 21 PTN-BH yang ada di Indonesia.

"Peserta yang berhalangan hadir UI, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Semarang," ujar Dina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement