Ahad 09 Jul 2023 23:35 WIB

Disbudpar Batam Sebut Taksi Daring di Bandara Mudahkan Wisatawan

Taksi daring memberikan pilihan kepada wisatawan sebab berwisata haruslah mudah.

Sejumlah calon penumpang melintas di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (10/6/2021).
Foto: ANTARA/Teguh Prihatna
Sejumlah calon penumpang melintas di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (10/6/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Kepulauan Riau, menyebutkan hadirnya penyedia jasa taksi daring di Bandara Hang Nadim Batam, memberikan kemudahan kepada wisatawan yang mengunjungi daerah itu.

Kepala Disbudpar Kota Batam Ardiwinata mengatakan adanya jasa taksi daring memberikan pilihan kepada masyarakat maupun wisatawan terhadap transportasi darat, selain tersedianya taksi konvensional ataupun minibus untuk mengantar wisatawan ke tempat tujuannya. Dalam konsep pariwisata, transportasi salah satu yang menjadi kebutuhan penting bagi wisatawan.

Baca Juga

Tren sekarang itu online sudah menjadi kebutuhan banyak orang dimana pun. "Orang lebih mudah memesan, jadi harus kita dukung langkah baik ini," kata Ardi.

Ia menambahkan ketika wisatawan mengunjungi destinasi pariwisata dengan cepat dan nyaman, maka akan membuat daya saing dan daya tarik orang berkunjung ke Batam baik domestik atau mancanegara semakin meningkat. "Menambah lagi alternatif transportasi, selain taksi konvensional, ada taksi online, Batam semakin menarik. Orang berwisata itu konsep menyenangkan, memudahkan," ujar dia.

 

Menurut Ardi, ada tiga konsep pariwisata yaitu atraksi, aksesibilitas dan amenitas.

Hari ini pemerintah telah membangun akses jalan, sehingga tidak ada kemacetan, semua tempat wisata bisa dikunjungi. Amenitas salah satunya hadirnya taksi online. Lalu atraksi melalui acara yang di hadirkan di Kota Batam.

Sebelumnya pengelola Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim menambah kerja sama dengan penyedia taksi daring di bandara tersebut untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan transportasi. Direktur PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah menyebutkan untuk tahap awal mereka menggandeng salah satu perusahaan transportasi daring dan perusahaan taksi lokal untuk menjadi taksi bandara dengan pelayanan premium.

"Sesuai tindak lanjut perjanjian kerja sama yang sudah ditandatangani sebelumnya bersama perusahaan penyedia taksi daring dengan bandara, hari ini kami memulai pemasangan stiker untuk 60 kendaraan yang sudah siap hari ini," ujar Pikri.

Ia menjelaskan untuk sementara, baru ada satu lokasi penjemputan yang ditetapkan oleh pihaknya menjelang selesainya renovasi yang sedang dilakukan.

 

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement