Sabtu 08 Jul 2023 23:46 WIB

Prabowo tak Masalah Effendi Simbolon Kerap Kritis Kepadanya

Menurut dia, anggota dewan memang seharusnya kritis.

Rapat kerja nasional (rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Hotel Aryaduta Jakarta.
Foto: Dok. Psbi
Rapat kerja nasional (rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Hotel Aryaduta Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sela pembukaan rapat kerja nasional (rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) yang digelar di Hotel Aryaduta Jakarta, Menteri pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyoroti sikap kritis yang dimiliki oleh anggota DPR RI Effendi Simbolon.

Seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, menurut Prabowo, seorang wakil rakyat memang haruslah memiliki sikap kritis mengingat dirinya mengemban amanah dari konstituennya untuk mengawasi kinerja pemerintah.

Baca Juga

"Effendi Simbolon ini dibilang kawan ya kawan tetapi di komisi I termasuk anggota dewan yang paling galak. Saya juga kalau masuk ruangan komisi I termasuk yang paling stres kalau melihat Effendi. Namun demikian seorang wakil rakyat, harus kritis, harus tajam dan harus berani," ungkap Menhan Prabowo dihadapan ratusan peserta rakernas PSBI pada Jumat (7/7).

Dengan gaya bercanda kepada Effendi, Prabowo yang juga maju sebagai salah satu calon presiden meminta agar Ketua umum PSBI tidak terlalu galak dalam jalannya sebuah rapat.

 

"Saya tidak apa-apa, kita bisa kuat karena mendapat sanggahan dengan argumen kuat. Kalau kita hanya menghadapi yes man semua, apa yang disampaikan pemimpin, apa yang disampaikan penguasa, apa yang disampaikan pemerintah, semua yes sir, yes sir, itu tidak baik. Itu tidak bisa kita hasilkan suatu masyarakat demokratis yang benar, yang kita butuhkan," tandas Menhan Prabowo Subianto.

Menurut Prabowo, sanggahan selalu diperlukan terutama dari anggota DPR RI yang mewakili rakyat mengawasi kinerja pemerintah. "Kita selalu membutuhkan sebuah sanggahan, itu namanya check and balance. Itu namanya mengingatkan kita dan kadang-kadang kalau diingatkan enggak enak rasanya, dikritik tidak enak. Namun itu semua sebetulnya menyelamatkan kita, itu sangat baik untuk kita," tandas Prabowo yang memberikan sambutan selama 40 menit.

Prabowo yang hadir dengan kapasitas sebagai menteri pertahanan juga turut membuka secara resmi mukernas PSBI 2023. Seperti diketahui sebelumnya Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) merupakan perkumpulan orang-orang suku Batak bermarga Simbolon yang dibentuk semenjak tahun 2007 silam. Organisasi yang dipimpin oleh Effendi Simbolon tersebut bersifat apolitis dan aniaga dengan basis kekerabatan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement