Sabtu 08 Jul 2023 13:00 WIB

Jadi Menhan, Nilai Tambah Prabowo Subianto Maju Capres

Dari survei terbaru, Kemenhan di bawah Prabowo mendapatkan penilaian terbaik.

Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.
Foto: Dok Kemenhan
Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki keuntungan besar dalam menatap kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu karena Prabowo saat ini menjadi menteri pertahanan (menhan) periode 2019-2024, yang menjadi nilai tambah elektabilitasnya selalu tertinggi.

Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Ari Ganjar Herdiansah menganggap, menjadi menhan membuat Prabowo mendapat keuntungan besar untuk memperkuat posisinya sebagai calon presiden (capres) 2024. Hal tersebut dikarenakan posisi Prabowo Subianto yang berada dalam lingkaran pemerintahan.

"Dengan berada di lingkaran Jokowi, Prabowo mendapatkan beberapa keuntungan," kata Ari kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (8/7/2023). Hal itu mengingat Prabowo menduduki jabatan ketum parpol dan menteri, yang merupakan panggung strategis untuk menghimpun suara di masyarakat.

Baca: Prabowo Kagumi Etnis Batak, Banyak Jagoan Tentara dan Advokat

Dengan menjadi menhan, sambung dia, masyarakat juga bisa menilai kinerja Prabowo jika diberikan amanah di dalam pemerintahan Indonesia. Terbukti, kata Ari, sejauh ini, masyarakat memberikan penilaian tinggi terhadap kinerja Prabowo menahkodai Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam berbagai hasil survei.

Seperti dalam hasil survei terbaru yang diadakan Indonesia Political Opinion (IPO), menempatkan Kemenhan di bawah Prabowo mendapatkan penilaian terbaik. Kemenhan bertengger di posisi pertama sebagai kementerian dengan kinerja terbaik dengan angka 82,1 persen.

Hal itu memperlihatkan masyarakat sangat mempercayai kinerja Prabowo Subianto sebagai pemimpin nasional. Ari juga melihat sebagai pemimpin yang berada di dalam pemerintahan, Prabowo menjadi lebih tenang dalam menghadapi Pilpres 2024.

Ketua umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia Ketua (PB IPSI) tersebut juga terlihat fokus bekerja belanja alutsista melalui Kemenhan untuk menjadikan negara Indonesia menjadi negara kuat dan lebih baik di pentas global. Hal itu menjadi bentuk pembuktian Prabowo tulus dan ikhlas mengabdi untuk bangsa dan negara.

Ari mengatakan, walaupun terlibat persaingan kecil di dalam kluster menteri untuk maju sebagai capres, namun Prabowo tetap layak diunggulkan. Hingga kini Prabowo tetap mendapatkan dukungan dari masyarakat dari berbagai hasil survei yang dirilis ke publik. "Ia tampak lebih tenang menghadapi 2024," kata Ari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement