Sabtu 08 Jul 2023 13:10 WIB

Mahasiswa Ilkom Universitas BSI Mulai Siaran Live di Kanal BSI TV

Para mahasiswa akan dilatih keahliah memroduksi program TV.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester Enam peminatan TV-Film Universitas BSI menggelar simulasi siaran.
Foto: Dok. Universitas BSI
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester Enam peminatan TV-Film Universitas BSI menggelar simulasi siaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memberikan wawasan berharga, kesempatan berjejaring dan keterampilan praktis kepada mahasiswa merupakan bagian dari upaya dalam menciptakan mahasiswa yang siap bersaing serta menjawab tantangan dunia kerja. Begitu pula yang dilakukan oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang mengadakan simulasi siaran. 

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi semester enam peminatan TV-Film berupa rangkaian keahlian memproduksi program TV, yang disiarkan secara live di kanal youtube BSI TV. Simulasi siaran berlangsung pada tanggal 4 Juli dan 6 Juli 2023 , di Studio Universitas BSI kampus Pemuda Rawamangun. 

Baca Juga

Anisti selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi Universitas BSI menjelaskan pentingnya kompetensi mahasiswa dalam menghadapi persaingan dunia kerja. "Ini merupakan rangkaian kegiatan yang mengintegrasi mata kuliah produksi program TV, produksi drama dan mata kuliah animasi", jelasnya. Mahasiswa semester enam ujian praktek sebagaimana halnya seperti sedang bekerja di stasiun TV. Mereka membuat 14 program acara baik dengan format rekaman maupun siaran live langsung,” jelas Anisti, dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/7/2023).

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa rangkaian kegiatan ini berlangsung selama satu semester. Diawali dengan teori di kelas lalu dilanjut dengan team teaching, lalu membuat desain program dan contoh program. Setelahnya  dilanjutkan dengan pitching forum dan diakhiri dengan simulasi siaran. Para mahasiswa ini disupervisi langsung oleh para praktisi dalam proses pitching forum serta simulasi siaran.

“Pada kesempatan siaran ini mahasiswa dibimbing langsung oleh para praktisi. Bertindak sebagai pembimbing  dan evaluator program rumpun berita adalah Gunawan dan Irwan.  Masing-masing adalah praktisi yang ada dibalik lahirnya Program Berita Liputan 6 dan TV Berita Metro TV,” tuturnya. 

Anisti juga berharap dari rangkaian kegiatan ini dapat berdampak langsung terhadap soft skill serta hard skill mahasiswa peminatan TV-Film dan mengeksplorasi jalur karir potensial dalam industri penyiaran.

"Pada rangkaian kegiatan ini mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dalam hal perencanaan dan manajemen siaran. Teknik penyiaran, pengeditan video, produksi suara,  manajemen media, sekaligus sebagai show case dan portfolio mahasiswa dalam meniti karir,” tegasnya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement