Selasa 04 Jul 2023 17:01 WIB

Program Studi Jurusan IPS yang Tersedia di Unisba

Unisba, perguruan tinggi swasta berlandaskan Islam terbaik.

Raih masa depan melalui Unisba.
Foto: Istimewa
Raih masa depan melalui Unisba.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Lulusan SMA/SMK/sederajat sangat mengidamkan lanjut studi ke perguruan tinggi. Khusus lulusan dari rumpun IPS yang masuk keilmuan sosial dan humaniora (soshum), dapat memilih banyak jurusan, tak terkecuali di Universitas Islam Bandung (Unisba).

Sudah menjadi lumrah jika para lulusanitu mengalami dilema dalam menentukan jurusan. Unisba sebagai perguruan tinggi swasta berlandaskan Islam terbaik di Jawa Barat, sudah terakreditasi Unggul dan memiliki 33 program studi (prodi).

Unisba juga menyediakan sederat jurusan kuliah di rumpun soshum yang bisa dijadikan alternatif bagi lulusan IPS dan IPA yang ingin lintas jurusan. Lulusannya juga sudah banyak yang berkiprah di instansi pemerintahan dan perusahaan swasta.

Apa saja program studi tersebut? Berikut daftarnya:

·      Hukum Keluarga Islam  (Ahwal Al-Syakhshiyyah)

Prodi Hukum Keluarga Islam ada di bawah Fakultas Syariah dan terakreditasi Baik Sekali. Memiliki visi ‘Menjadi Program Studi Hukum Keluarga Islam yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia Pada Tahun 2033’.

Profil lulusan Prodi Hukum Keluarga Islam yaitu Tenaga Ahli Lembaga Peradilan Agama (Hakim, Panitera, Advokat, Mediator, dll.); Tenaga Ahli pada Lembaga Perkawinan Islam (Penghulu, Pencatat Nikah, Mediator, Konsultan Perkawinan, dll.); Tenaga Ahli Keterjihan (Falak, Fatwa dan Pemikiran Islam) sebagai Tim Hisab Rukyat, Ulama Tarjih, Konsultan Hukum Islam, dll.; Analis Hukum Bidang Perkawinan, dan bidang Kewarisan;  dan Peneliti pada bidang Hukum Keluarga Islam dan bidang ilmu Falak

·      Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)

Prodi Hukum Ekonomi Syariah terakreditasi B dari BAN-PT, berada dibawah Fakultas Syariah. Visinya adalah ‘Menjadi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia Pada Tahun 2033’.

Prodi ini memiliki profil lulusan sebagai Praktisi Hukum Islam (Hakim di Peradilan Agama, Panitera di Peradilan Agama, Advokat atau Pengacara Syariah, dll.); Konsultan Hukum Ekonomi Syariah; Praktisi Dewan Pengawas Syariah; Peneliti dibidang Hukum Ekonomi Syariah; Praktisi Lembaga Keuangan Syariah Bank dan Non Bank; dan Wirausahawan Bisnis Syariah.

·      Perbankan Syariah

Prodi Perbankan Syariah berada dibawah Fakultas Syariah. Telah terakreditasi Baik dan BAN-PT. Visi Prodi Perbankan Syariah adalah ‘Menjadi Program Studi Perbankan Syariah yang Mandiri, Maju, dan Terkemuka di Asia Pada Tahun 2033’.

Prodi Perbankan Syariah memiliki profil lulusan sebagai Praktisi Perbankan Syariah; Konsultan Perbankan Syariah; Peneliti pada bidang Perbankan Syariah; Auditor di berbagai Lembaga Keuangan dan Perbankan Syariah; Analis Perbankan Syariah; dan Entrepreneur.

·      Komunikasi Penyiaran Islam

Prodi Komunikasi Penyiaran Islam berada dibawah Fakultas Dakwah dan terakreditasi Baik dari BAN-PT. Visi Prodi ini yaitu ‘Menjadi Fakultas yang maju, dan Terkemuka dalam bidang dakwah dan komunikasi di Asean tahun 2026’.

Kompetensi dan prospek lulusannya yaitu praktisi di bidang dakwah dan komunikasi; praktisi di bidang multimedia; praktisi di bidang media komunikasi massa; praktisi di bidang radio, TV, dan film; pengelola berbagai lembaga dakwah; wartawan media massa Islami; dan juru dakwah/mubaligh.

·      Pendidikan Agama Islam

Prodi Pendidikan Agama Islam berada dibawah Fakultas Tarbiyah & Keguruan, serta terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. Visi Prodi ini adalah ‘Menjadi Program Studi rujukan yang unggul dan terkemuka di Indonesia dalam menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan spirit mujahid, mujtahid, dan mujaddid pada tahun 2022’.

Prospek lulusan Prodi ini yaitu Pendidik atau guru PAI pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah; Pendidik Agama Islam di lingkungan keluarga dan masyarakat; Pengelola pendidikan pra-sekolah/dasar/menengah, pendidikan, dan pelatihan; Peneliti PAI; dan Pejabat atau staf pada instansi pendidikan agama, baik pemerintah maupun swasta.

·      Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Prodi PG-PAUD berada dibawah Fakultas Tarbiyah & Keguruan dan terakreditasi B dari BAN-PT. Visinya adalah ‘Menjadi Prodi PG-PAUD Islami yang mandiri dan terkemuka di ASEAN tahun 2028’.

Lulusan Prodi PG-PAUD berpotensi menjadi guru dan pengelola PAUD, dengan kompetensi utama, yaitu Menguasai landasan keilmuan pendidikan PAUD; Memperlakukan anak secara tepat dan penuh kasih sayang (passionate); Berkomunikasi efektif dengan anak, orang tua, rekan sejawat, dan unsur lainnya; Melakukan berbagai teknik dan strategi asesmen perkembangan PAUD; Mengembangkan media dan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan; Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum PAUD (3 bulan-1 tahun, 1-2 tahun, 2-3 tahun, 3-4 tahun, 4-5 tahun, 5-6 tahun); Menguasai prinsip-prinsip dan teori pembelajaran PAUD; Memiliki kemampuan berolah seni dan berapresiasi seni; Manajemen lembaga PAUD; Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pada layanan PAUD; Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pembelajaran pada lembaga PAUD yang dilandasi dengan nilai-nilai kecintaan dan hak-hak anak; Mampu berkerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran PAUD; Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sesuai untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran; dan Mampu melakukan penelitian atau mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian atau karyanya.

·      Ilmu Hukum

Prodi Ilmu Hukum berada dibawah Fakultas Hukum. Terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Fakultas Hukum memiliki visi ‘Terwujudnya Fakultas Hukum yang mandari, maju, terkemuka, dan profesional berasaskan nilai-nilai Islam dan mampu menghadapi tantangan di Asian tahun 2026’.

Profil lulusan Prodi Hukum yaitu Asisten Konsultan Hukum;  Asisten Pembuat Peraturan Perundang-undangan; Staff Hukum di Perusahaan; (Calon) Penegak Hukum; dan Wirausahawan.

·      Psikologi

Fakultas Psikologi Unisba terakreditasi A dari BAN-PT. Fakultas ini memiliki visi ‘Menjadi Fakultas Psikologi yang Mandiri, Maju Terkemuka di Asia dengan berlandaskan Nilai-nilai Islam Pada Tahun 2033’.

Lulusan Fakultas Psikologi memiliki prospek kerja yang menjanjikan di beberapa bidang, terbukti dengan banyak diterimanya lulusan-lulusan Fakultas Psikologi di beberapa perusahaan ataupun instansi, seperti Instansi Pemerintah: sebagal PNS di Pemda, Kementerian/Departemen, guru, dosen Perguruan Tinggi Negeri, dan rumah sakit negeri;  BUMN: Pertamina, PLN, Telkom, PT. KAI, Pupuk Kujang, dll.; Perbankan Bank Mandiri, Bank BPTN, BRI, Bank BJB, Bank Mega, dsb.; Kepolisian & Militer: Polri, AD, AU, dan AL; Perusahaan Swasta Telkomsel, Indofood, Trans TV, Trans Studio, Rumah Sakit Swasta, dll.; Konsultan Manajemen dan Psikologi; Instansi pendidikan swasta, baik sebagai guru, dosen, maupun psikolog pendidikan; dan Peneliti dan pengembang komunitas yang bergerak dalam bidang kesehatan Mental.

·      Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komuniaksi berada di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi dan terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Visi Fakultas ini yaitu ‘Menjadi Fakultas Mandiri, Maju dan Terkemuka di Asia dalam pengembangan Ilmu Komunikasi berbasis teknologi digital dengan nilai-nilai Islam pada tahun 2033’.

Para lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi dapat berkarir dalam berbagai bidang pekerjaan seperti news presenter, news anchor, announcer, presenter, wartawan TV/Radio/media cetak/online media, manajer penerbitan/manajer marketing PR/manajer komunikasi korporat, konsultan media/PR/kampanye politik/kampanye publik dan perencana komunikasi; pelaku industri hiburan, PR event organizer, communication event organizer, PR perusahaan/pemerintah/swasta/politik, pelayanan jasa informasi, dan protokoler kenegaraan.

·      Akuntansi

Prodi Akuntansi berada dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Prodi Akuntansi memiliki visi ‘‘Menjadi Program Studi rujukan yang unggul dibidang akuntansi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam di ASEAN tahun 2028’.

Profil lulusan Prodi ini adalah Akuntan di berbagai jenis entitas bisnis (auditor internal, akuntan manajemen); Akuntan di Kantor Akuntan Publik; Konsultasi Bidang Akuntansi dan Perpajakan, Akuntan Sektor Publik; Akuntan Syariah; Wirausaha/Pengusaha; dan Peneliti/Akuntan Pendidik.

·      Ekonomi Pembangunan

Prodi Ekonomi Pembangunan berada dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta terakreditasi Unggul dari BAN PT. Visi Prodinya adalah  ‘Menjadi Program Studi Rujukan yang Unggul dalam Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Islam di ASEAN pada Tahun 2024’.

Prodi Ekonomi Pembangunan memiliki profil lulusan yaitu Asisten Peneliti Bidang ekonomi dan pembangunan; analis ekonomi junior; analis pembiayaan pada lembaga keuangan, wirausahawan; dan fasilitator pembangunan.

·         Manajemen

Prodi Manajemen berada dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Prodi ini memiliki visi ‘Menjadi program studi rujukan yang unggul dalam menciptakan sumber daya manusia kompeten dalam ilmu manajemen, yang berlandaskan nilai keislaman di Asia pada tahun 2028’.

Profil lulusan Prodi Manajemen adalah manager; pegawai profesional; pengusaha/wirausaha; konsultan dan peneliti.

Mari bergabung bersama Unisba untuk meraih mimpi dan cita-cita kesuksesan karir. Lulusannya tidak hanya mampu mengaplikasikan dan mengamalkan kompetensi ilmunya di bidang dunia kerja maupun dunia usaha yang berdaya saing global saja. Tetapi juga, memiliki karakteristik 3M (mujahid, mujtahid dan mujaddid) yang berakhlakul kharimah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement