Senin 03 Jul 2023 16:14 WIB

Jalin Berkolaborasi dengan Holding Danareksa Bagikan 2.600 Paket Daging Kurban

Paket daging kurban tersebut di distribusikan di sekitaran wilayah Jabodetabek.

Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) kembali bersinergi dengan program Kurban Bersama Holding Danareksa dan BAZNAS untuk menyumbangkan 2.600 paket daging kurban.
Foto: Dok. Republika
Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) kembali bersinergi dengan program Kurban Bersama Holding Danareksa dan BAZNAS untuk menyumbangkan 2.600 paket daging kurban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurban merupakan ibadah yang multidimensi sebagai wujud rasa syukur umat Muslim kepada Allah SWT serta memiliki kontribusi besar dalam sosial ekonomi masyarakat. Memaknai Hari Raya Idul Adha 1444 H, PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”) kembali bersinergi dengan program “Kurban Bersama Holding Danareksa” dan Baznas untuk menyumbangkan 2.600 paket daging kurban yang didistribusikan di sekitaran wilayah Jabodetabek.

Direktur Utama Ario Tejo Bayu Aji mengungkapkan bahwa tahun ini, Jalin menyumbangkan 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing melalui holding Danareksa dan Baznas sebagai wujud rasa syukur atas keberlangsungan serta kelancaran bisnis dan operasional perusahaan di sepanjang semester I tahun 2023. Hewan kurban yang disumbangkan Jalin turut dikontribusi dari donasi karyawan melalui kegiatan Jalin Patungan Kurban yang selalu diadakan setiap tahunnya.

“Kegiatan kurban ini merupakan tradisi kami dalam memaknai perayaan Idul Adha melalui semangat berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan, seperti kaum dhuafa, yayasan yatim piatu, serta harapannya pendistribusian hasil kurban bersama holding Danareksa dan Baznas mampu mencapai penduduk kurang mampu di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) serta para mustahik,” ujar dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (3/7/2023). 

Ario menjelaskan, Jalin terus berperan aktif dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program bantuan sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN yang berorientasi pada tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) lewat pilar sosial dan ekonomi.

 

“Selain bersedekah daging kurban, program kolaborasi Jalin dan holding Danareksa bersama dengan Baznas ini merupakan wujud upaya perusahaan dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), utamanya para peternak kecil di desa mulai dari pembenihan hingga penjualan hewan kurban. Harapannya, pada hari penuh berkah ini Jalin bersama Holding Danareksa juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi usaha kecil,” tambah Ario.

Senada dengan Ario, EVP Investor Relation & CSR PT Danareksa (Persero) Putu Dewika menyampaikan, harapannya agar semakin banyak program Corporate Social Responsibility (CSR)/TJSL dilaksanakan dengan konsep kolaborasi sehingga dapat memberikan nilai lebih kepada masyarakat.

“Tahun ini program Kurban Bersama Holding Danareksa berhasil mengumpulkan sumbangan total 13 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Holding Danareksa secara rutin mengadakan program kurban bersama seluruh anggota holding demi memperluas jangkauan pemberian hasil kurban dan dampak positifnya langsung dirasakan oleh masyarakat. Harapannya kegiatan ini bisa terus menjadi tradisi dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan serupa,” katanya.

Pemotongan seluruh hewan kurban dilakukan di Yayasan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) kelolaan anggota Holding Danareksa yaitu PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN), bertempat di Masjid Darussalam, Jakarta Utara. Proses pemotongan menerapkan standar kehalalan dan higienis serta dilakukan oleh tenaga profesional yang terlatih dengan sertifikasi juru sembelih halal.

Sebanyak 2.600 paket daging kurban didistribusikan di wilayah Jabodetabek, utamanya masyarakat sekitar wilayah KBN di daerah Rawa Badak bekerja sama dengan Polres Jakarta Utara, daerah Tanjung Priok bekerja sama dengan Kejaksanaan Negeri Jakarta Utara dan daerah Rawa Rakas bekerja sama dengan DPRD DKI Jakarta, serta mustahik di sekitar program Balai Ternak dan Lembaga Program Baznas lainnya.

Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum menyambut positif apa yang dilakukan oleh holding Danareksa beserta seluruh anggota Holding dalam pelaksanaan kurban bersama Baznas. Mahdum mengungkap bahwa total nilai kurban yang terhimpun melalui Baznas mencapai angka Rp 10,5 trilliun pada 2022 dan berpotensi mampu mencapai hingga Rp 15 triliun untuk tahun 2023.

“Ibadah kurban yang dilakukan bersama antara holding Danareksa dan Baznas tentunya akan mampu memberikan dampak sosial dan ekonomi yang luar biasa, termasuk memberikan kesehatan dan kecukupan gizi kepada masyarakat melalui penyaluran daging kurban,” katanya.

Sebagai tambahan informasi selain partisipasi Jalin dalam kegiatan sosial selama Iduladha dan musim libur panjang, sepanjang periode bulan Juni 2023 Jalin memproyeksikan akan mengalami pertumbuhan positif pada jaringan LINK di beberapa kanal transaksi pembayaran digital. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022 (YoY), peningkatan transaksi diproyeksi terjadi utamanya pada layanan switching debit yang naik sebesar 29 persen, serta layanan QRIS yang mengalami kenaikan signifikan hingga 457 persen atau sekitar 38,5 juta transaksi.

“Hal menggembirakan lainnya yang patut kami syukuri selain kami mampu berkontribusi kepada masyarakat di suasana Iduladha, Jalin juga terus mampu memproses seluruh transaksi pembayaran yang cenderung meningkat di masa liburan panjang," katanya. 

"Kenaikan ini bisa dilihat sebagai akibat dari aktivitas transaksi masyarakat yang tinggi untuk menunaikan ibadah kurban, memenuhi kebutuhan lebaran dan keluarga, maupun euforia kegiatan libur panjang Hari Raya Iduladha. Gaya hidup non tunai kini telah menjadi keseharian masyarakat Indonesia dan ini sejalan dengan visi kami untuk terus menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan nonfinansial,” ujar Ario. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement