Jumat 30 Jun 2023 23:17 WIB

Warga Yogya Ikut Jaga Lingkungan Lewat Penanaman Pohon Bersama GMC

Pinggiran sungai desa tersebut cukup curam dan kerap terjadi longsor saat banjir.

Aksi penanaman pohon di di Dusun Sawah Lor, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.
Foto: Dok. Web
Aksi penanaman pohon di di Dusun Sawah Lor, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Upaya mengkampanyekan kesadaran akan rasa cinta terhadap lingkungan terus dilakukan. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), relawan para warga Gunungkidul dan GMP menggelar penanaman satu juta pohon, Jumat (30/6/2023). 

Dilansir dari Kantor Berita Antara, kegiatan yang menyasar generasi milenial itu berlangsung di Dusun Sawah Lor, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. Perwakilan GMC atau Ganjar Milenial Center DIY Ayatullah Fazlur mengatakan penanaman ini dilakukan berdasarkan permintaan warga sekitar. Dia menjelaskan pinggiran sungai desa tersebut cukup curam dan kerap terjadi longsor saat banjir melanda. 

Baca Juga

"Seperti yang kami ketahui banyaknya kampanye cinta lingkungan karena perubahan iklim, kerusakan lingkungan, penebangan sembarangan, banjir, disebabkan tidak adanya penghijauan. Itu menjadikan GMC DIY prihatin sehingga mengadakan kegiatan penanaman satu juta pohon ini," ujar pria yang akrab dipanggil Ayat itu. 

Adapun jenis pohon yang ditanam, yaitu pohon sengon. Sebab, selain berfungsi untuk penghijauan, jenis tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai produk kontruksi dalam jangka panjang. Sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi bagi masyarakat. 

Ayat juga berharap kepedulian milenial Desa Sawah Lor terhadap lingkungan makin tinggi. Dengan demikian, misi mengkampanyekan cinta lingkungan hidup yang mereka galakkan dapat tercapai. 

"Jadi harapan kami ke depan pohon-pohon yang kami tanam di hari ini bisa bermanfaat untuk masyarakat ke depan. Kemudian ke depannya pemuda dan masyarakat bersatu untuk mengkampanyekan cinta lingkungan hidup," kata Ayat. 

Menurut dia, langkah penghijauan ini perlu digalakkan mengingat terjadinya perubahan iklim, kerusakan lingkungan, penebangan sembarangan, yang menyebabkan berbagai bencana di antaranya banjir. 

Penanaman satu juta pohon yang diselenggarakan loyalis Ganjar Pranowo itu pun mendapatkan apresiasi dari warga. 

Seperti yang diungkapkan oleh Nafngan, salah satu peserta penanaman. Dia mengaku sangat antusias dengan kegiatan positif dari GMC yang sangat bermanfaat tersebut. 

"Sangat senang, antusias, cukup membantu memberikan manfaat untuk kami, sangat mengapresiasi kegiatan dari GMC," ucap Nafngan. 

"Harapan saya masih bisa berlanjut dengan tim GMC, karena kegiatannya itu banyak manfaat untuk kalangan anak muda atau di kalangan masyarakat sendiri sangat membantu, sangat berguna," kata dia. 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement