Jumat 30 Jun 2023 09:41 WIB

GMC Dukung Peningkatan Produktivitas Petani Kopi di Gowa

Kopi Kabupaten Gowa sudah menembus pasar Australia.

Masyarakat Desa Bontolerung, Kecamatan Moncong Tinggi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mayoritas menjadi kopi sebagai sumber mata pencarian.
Foto: Dok. Web
Masyarakat Desa Bontolerung, Kecamatan Moncong Tinggi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mayoritas menjadi kopi sebagai sumber mata pencarian.

REPUBLIKA.CO.ID, GOWA -- Masyarakat Desa Bontolerung, Kecamatan Moncong Tinggi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mayoritas menjadi kopi sebagai sumber mata pencarian. Kopi di wilayah tersebut sangat berkualitas. Bahkan, seperti dinukil dari Antara, produksi kopi petani binaan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Moncong Tinggi, Kabupaten Gowa sudah menembus pasar Australia.

Berangkat dari hal itu, bersama BEM STIKS Makassar dan Serikat Mahasiswa Gowa, relawan GMC mengadakan kegiatan pembinaan petani kopi sekaligus memberikan sejumlah bantuan alat pertanian di Desa Bontolerung, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. 

Baca Juga

Koordinator Wilayah GMC atau Ganjar Milenial Center Sulsel, Sarman Alamsyah, mengatakan kegiatan ini bertujuan membantu untuk lebih baik dalam produktivitas sebagai petani kopi lokal yang menjadi pendapatan ekonomi keluarga bagi masyarakat setempat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kami untuk mendorong dalam peningkatan proses-proses pekerjaan masyarakat sebagai petani kopi yang lebih baik," kata Sarman, seperti dilansir pada Jumat (30/6/2023).

 

Dia menambahkan kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal itu dilihat dari peserta yang hadir mencapi puluhan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut dia, dalam kegiatan tersebut para petani juga diberikan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar.

"Kegiatan ini juga diberikan pemanfaatan sumber daya alam sekaligus menjadikan mata pencarian yang ada di desa ini. Apalagi desa/kelurahan di sini sangat jarang dikunjungi oleh pegiat sosial," ungkap dia.

Sarman berharap kegiatan tersebut bisa memberikan dampak yang baik untuk masyarakat Kabupaten Gowa itu sendiri.

Sementara itu, Sawaluddin Dg selaku Tokoh masyarakat mengapresiasi kepada relawan GMC yang sudah mengujungi desanya tersebut. Dia mengatakan sangat senang telah diperhatikan kebutuhan di daerahnya.

Situru salah satu peserta dan petani kopi yang mengikuti kegiatan ini menegaskan bahwa ini merupakan kegiatan yang sangat berdampak oleh masyarakat atau di desa setempat.

"Kami sambut dengan baik. kegiatan ini sangat bermanfaat baik bagi kami dan masyarakat sekitar," kata dia. 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement