Kamis 29 Jun 2023 14:22 WIB

Tonton Video Penyembelihan Hewan Kurban Jadi Ajang Silaturahim Paling Lengkap

Masjid Nururrahman sembelih 13 sapi dan 17 kambing korban.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Nururrahman, Kompleks Pelita Air, Rangkapanjaya Baru, Pancoran Mas, Depok, Kamis (29/6/2023).
Foto: republika/joko sadewo
Penyembelihan hewan kurban di Masjid Nururrahman, Kompleks Pelita Air, Rangkapanjaya Baru, Pancoran Mas, Depok, Kamis (29/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyembelihan hewan kurban di Masjid Nururrahman, Komplek Pelita Air Sevice, Rangkapanjaya Baru, Pancoran Mas, Depok, menjadi ajang silaturahim yang komplit bagi warga kompleks tersebut. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ruang silatuahim sesama warga kompleks, tetapi juga dengan warga sekitarnya.

 

“Penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha di masjid Nururrahman menjadi ajang silaturahim antarwarga dan juga dengan warga sekitar kompleks Pelita,” kata Ketua Panitia Idul Adha Masjid Nururrahman, Sugeng Chelsea, Kamis (29/6/2023).

 

 Warga kompleks, menurut Sugeng, berpartisipasi aktif dalam kegiatan Idul Kurban tahun ini. Mulai dari pengumpulan hewan kurban, penyembelihan, hingga pendistribusian daging kurban.

“Partisipasi warga sangat luar biasa. Sesama warga saling berinteraksi dan berkomunikasi. Alhamdulillah ini menjadi ajang silaturahim yang erat bagi kami warga kompleks,” kata Sugeng.

Tidak hanya itu, lanjut dia, daging kurban tidak hanya didistibusikan untuk warga yang berhak menerima daging kurban di lingkungan kompleks, tetapi juga disalurkan ke warga di sekitaran kompleks Pelita.

Penyembelihan hewan kurban langsung dilakukan usai pelaksanaan sholat Idul Adha. Menurut Sugeng, tahun ini ada 13 ekor sapi dan 17 ekor kambing, yang berasal dari pekurban di lingkungan kompleks. Jumlah ini tidak jauh beda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya.

Dari penyembelihan ini dihasilkan sekitar 1.112 kantong daging kurban. “Kita bagikan ke penerima kurban di lingkungan kompleks, RT-RT penyangga, serta sekitar lingkungan kompleks,” kata Sugeng. Penukaran kupon dengan daging kurban, lanjut Sugeng, juga langsung dilakukan pada hari ini.

Sugeng berharap hikmah Idul Kurban juga bisa diambil warga dan para pekurban. “Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain,” kata Sugeng.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement